Layanan Operasi Katarak Gratis Progam Semangat Soca Terak di RSUD Asembagus


www jawapes.or.id Berita Situbondo
Bupati Situbondo didampingi Ketua Perdami meninjau layanan operasi katarak gratis program semangat soca terak di RSUD Asembagus


Jawapes, SITUBONDO - Pemkab Situbondo melalui Dinas Kesehatan bekerja-sama dengan Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) Malang Raya berikan layanan operasi katarak gratis pada masyarakat melalui program Semangat Soca Terak (Sinergi Melayani Masyarakat Situbondo, Cegah Kebutaan Dengan Operasi Katarak) di RSUD  Asembagus.


Dikonfirmasi awak media, Bupati Situbondo Drs. Karna Suswandi, M.M., mengatakan, Semangat Soca Terak adalah sebuah program dalam rangka membantu masyarakat Situbondo yang mengalami penyakit katarak. Jadi program ini untuk mencegah kebutaan yang diakibatkan oleh katarak. Layanan kesehatan program semangat soca terak, gratis untuk masyarakat yang tidak memiliki BPJS, KIS dan sebagainya, karena dianggarkan dalam APBD Kabupaten Situbondo Tahun 2022.


"Insya Allah, program ini anggarannya akan kita tambah. Sehingga ke depan layanan pada masyarakat yang akan alami kebutaan, karena katarak bisa terfasilitasi oleh pemerintah," ungkapnya, Jumat (25/11/2022).


Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Situbondo yang juga menjabat sebagai Direktur RSUD Asembagus, dr. Sandy Hendrayono, M.Kes., menjelaskan, hari ini ada sekitar 150 pasien yang daftar mengikuti tahap skrining. Jika sudah lolos skrining, pasien akan di operasi katarak besok pagi di RSUD Asembagus dan hari Minggu dilakukan pasca operasi katarak. Sebelumnya ada 85 orang pasien yang diskrining diseluruh Puskesmas, namun ternyata yang hadir hari ini ada sekitar 150 pasien karena sisanya langsung skrining di RSUD Asembagus. Perlu diketahui, ada 20 orang dokter spesialis mata yang terlibat dalam kegiatan program ini.


"Saya mengapresiasi  kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan perdami, karena alat operasi katarak yang digunakan canggih dan terbaru. Lensa yang ditanam atau dipakai berdasarkan dari hasil skriningnya. Sehingga diharapkan setelah operasi, penglihatan pasien kembali normal. Bagi masyarakat Situbondo yang ingin mendapatkan layanan operasi mata katarak gratis program semangat soca terak syarat daftarnya hanya menunjukkan KTP dan KK," jelasnya.


Kegiatan pembukaan program semangat soca terak dihadiri Wabup Situbondo, Ketua TP PKK kabupaten Situbondo, jajaran Forkopimda, Camat Asembagus, Direktur RSUD Besuki, Direktur RSAR, Kepala Puskesmas se-kabupaten Situbondo dan tenaga kesehatan. (Fit/Fin)


Pembaca

1 Komentar

  1. Mantap 👍 lakukan yg terbaik untuk kemaslahatan ummat

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama