Kemeterian PANRB Ajak Bupati Banyumas Berbagi Pengalaman Tentang Penanganan Sampah

jawapes.or.id - berita kementrian PANRB banyumas
program Scalling Up Inovasi


Jawapes, Banyumas - Dalam rangka akselerasi melalui pelayanan publik secara nasional, Kementerian PANRB menyelenggarakan program Scalling Up Inovasi, Senin (26/9/2022) secara daring. Kegiatan ikali ini, Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein menjadi narasumber. 

Pada paparannya, Achmad Husein menekankan pentingnya memilah sampah organik dan anorganik serta menyelesaikan masalah sampah anorganik untuk menyelesaikan permasalahan mengenai sampah.

"Untuk pemilahan sampah, kita lakukan dari hulu ke hilir sedangkan di tingkat rumah tangga, kita lakukan dengan aplikasi Jeknyong dan Salinmas dengan mengajak masyarakat untuk memilah sendiri sampahnya," jelasnya.

Tak hanya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi, Husein juga melakukan jemput sampah di Pusat Daur Ulang Sampah (PDU) yang dikelola oleh kelompok swadaya masyarakat pada setiap Kecamatan. Inovasi yang dilakukan saat ini, sudah terlihat dengan menurunnya jumlah truk sampah dari tahun 2018-2019 yakni sebanyak 143 per hari sampai dengan tahun 2022 dengan 0 truk sampah per harinya.

"Dengan adanya inovasi ini, maka Banyumas tidak lagi membutuhkan TPA konvensional, penyerapan tenaga kerja lokal sebanyak 1500 orang, peningkatan ekonomi dan sampah mampu menjadi produk bernilai," pungkasnya.

Sementara itu, moderator Kementerian PANRB menanggapi hal yang dilakukan di Banyumas sebagai pengelolaan sampah yang sangat baik dengan tingkat apresiasi tingggi.

"Sangat diapresiasi oleh PPI (Pusat Pengetahuan dan Inovasi), berharap hal tersebut dapat diterapkan di Bantar Gebang," ucapnya.(Cpt)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama