Prabowo Dilaporkan ke KPK Terkait Dugaan Korupsi Pembelian Pesawat Jet Mirage 2000-5

Prabowo Dilaporkan ke KPK terkait Dugaan Korupsi Pembelian Pesawat Jet Mirage 2000-5
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto yang juga menjadi Capres nomor urut 2
(Foto: Tangkapan layar IG)



Jawapes, JAKARTA - Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Keamanan secara resmi melaporkan Capres nomor urut 2 yang juga menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menhan itu dilaporkan soal pembelian Pesawat Jet Mirage 2000-5.


Dugaan tindak pidana korupsi dalam pembelian jet tempur itu diselidiki lembaga anti korupsi Uni Eropa, The Group of States against Corruption (GRECO).


Ketua Perhimpunan Bantuan hukum dan Hak Asasi Manusia (PHBI) yang juga menjadi anggota Koalisi masyarakat sipil, Julius Ibrani mengatakan telah mengumpulkan berbagai dokumen maupun bukti yang dinilai cukup untuk diserahkan ke KPK untuk mendalami laporan lebih lanjut. 


"KPK yang lebih berwenang untuk menelusuri lebih lanjut. KPK yang lebih berwenang untuk menentukan apakah pembelian Mirage ini masuk dalam kategori tipikor atau tidak," ujar Julius di Gedung Merah Putih, Jakarta.


Pelaporan yang dilakukan hari ini didorong oleh pemberitaan suatu portal news aggregator beberapa hari lalu, mengenai penyelidikan dugaan penerimaan suap/gratifikasi oleh Menhan Prabowo Subianto pada pengadaan 12 Mirage dari Qatar. 


Koalisi masyarakat sipil juga menilai perlunya KPK menelusuri dugaan lantaran terbatasnya kemampuan masyarakat untuk menelusuri dugaan yang dimaksud. 


Sementara itu, Sekretariat Jenderal Transparancy Internasional Indonesia (TII) selaku bagian dari Koalisi, Danang Widyoko mendorong KPK agar mengambil langkah strategis untuk mendalami laporan Koalisi, salah satunya menggandeng otoritas internasional. 


"KPK harus mulai bergerak melakukan penyidikan kerja sama mengumpulkan informasi-informasi awal agar kemudian bisa ditingkatkan statusnya menjadi penyidikan," kata Danang dikutip dari Republika, Selasa (13/2/24).


Danang optimis KPK dapat mengusut laporan ini. Dia merasa KPK selalu terbuka dengan informasi kasus korupsi di dunia internasional. 


"Sebelumnya, ada berbagai kasus di KPK yang ditangani yang informasinya dari kasus korupsi yang terungkap di luar negeri, " imbuhnya.


(Bin/Red)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama