Ratusan Petani Jagung Ikut Sosialisasi Kemitraan dan Expo Panen

Jawapes Indonesia
Owner CV. Bismillah Agriculture, jajaran direksi Syngenta Seed Indonesia, Kades Banyuputih dan sejumlah petani saat melakukan sesi foto bersama pada acara sosialisasi kemitraan

Jawapes, SITUBONDO - PT. Syngenta Seed Indonesia gandeng CV. Bismillah Agriculture, jalin kerja-sama mengadakan sosialisasi bersama kemitraan dan expo panen tanaman jagung di lahan milik Erwan Darmawan, Dusun Randuagung, Desa/Kecamatan Banyuputih, Selasa (31/10/2023).


Dalam kesempatan itu disela-sela acara kepada awak media, Owner CV. Bismillah Agriculture, H. Erwan Darmawan menjelaskan, kegiatan hari ini adalah pesta panen dan sosialisasi kemitraan yang dilakukan oleh PT. Syngenta Seed Indonesia bersama CV. Bismillah Agriculture. Saat ini dilakukan panen jagung dengan luas lahan setengah hektare. Mulai awal masa tanam jagung hingga panen membutuhkan waktu sekitar 100 hari dan benihnya gratis dari Syngenta Seed Indonesia.


"Alhamdulillah sudah ada petani yang bergabung dengan kami. Hari ini ada sekitar ratusan petani jagung yang mengikuti sosialisasi," ucapnya.


Lebih lanjut, Erwan (sapaan akrabnya) memaparkan, keuntungan petani bergabung sebagai mitra dari CV. Bismillah Agriculture dan Syngenta, yaitu mereka mendapatkan bibit, obat pertanian 50 persen dan transportasi secara gratis. Lalu, mendapat pinjaman modal.


"Jadi jelas keuntungan yang diperoleh petani mitra lebih besar dibandingkan komersil karena dapat bibit dan obat pertanian 50 persen dengan gratis. Nanti di awal musim akan tanam benih jagung dengan luas lahan kurang lebih 80 hektare," ungkapnya.


Sementara itu, Yudi selaku Teretory Production Manager dari PT. Syngenta Seed Indonesia mengatakan, sebagai bentuk kerjasama dengan  CV. Bismillah Agriculture dan petani mitra. Pihaknya memberikan benih jagung gratis kepada petani mitra saat penanaman. Benih jagung diberikan secukupnya sesuai luas lahan. Benih gratis tersebut diproduksi oleh PT. Syngenta Seed Indonesia dan tidak dijual di pasar. Selanjutnya ada program bantuan permodalan tanpa bunga bagi petani mitra. Untuk nominal bantuan modal sesuaikan dengan luas lahan. Nanti ada pembelian harga panen sesuai dengan kesepakatan awal dan harganya tetap stabil dengan dalam periode satu tahun kedepan.


"Di Syngenta Seed Indonesia memang fokusnya mengawal petani dengan sebaik-baiknya dan petugas akan jemput bola berikan penyuluhan. Kemudian petugas juga mendatangi rumah petani satu persatu menjelaskan berbagai program. Jika petani setuju gabung, maka kita daftarkan secara resmi ke perusahaan. Rata-rata lahan perlima puluh hektare ada satu orang petugas khusus untuk layanan pendampingan di lapangan," ujarnya. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama