HUT ke 40,Perumdam Tirta Mahameru Lumajang Optimalkan Pelayanan yang Lebih Profesional dan Dekat di Masyarakat


Jawapes Lumajang - Momentum HUT ke-40 Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mahameru akan selalu hadir di tengah masyarakat Lumajang, khususnya pelayanan air, Kamis (25/5/2023).

Dalam kurun waktu sekitar 2 tahun, banyak perubahan pelayanan Perumdam Tirta Mahameru yang bisa dirasakan masyarakat Lumajang. Utamanya soal pemenuhan kebutuhan akan air.

Direktur Utama Perumdam Tirta Mahameru Lumajang, Achmad Arifulin Nuha, menyampaikan, ada beberapa indikator yang menunjukkan profesionalisme pelayanan dari Perumdam yang lebih baik.

Pertama, soal layanan. Perumdam harus hadir memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat. Salah satunya dengan meningkatkan cakupan wilayah dan pelayanan air dengan 4 aspek.

Empat layanan air tersebut harus betul-betul terukur, baik dari segi kualitas, kuantitas, dan mudah dijangkau oleh masyarakat Lumajang. Dan itu harus benar-benar bisa terukur.

Perumdam diwajibkan hadir di tengah-tengah masyarakat, untuk betul-betul bisa memenuhi dan memberikan pelayanan akan hak air.

Kemudahan itu bisa dilihat dari Ranuyoso, yang sebelumnya sering bermasalah sekarang bisa mengalir dengan lancar. Di Desa Ledoktempuro, Kecamatan Randuagung Lumajang, selama bertahun-tahun belum bisa teraliri air, sekarang sudah mengalir dengan baik.

Begitu pula dengan di Jatiroto dan Desa Bago, Kecamatan Pasirian, yang sebelumnya tidak lancar, sekarang bisa mengalir 24 jam.

Menurutnya, hal itu merupakan sebuah prestasi dari Perumdam yang didukung oleh semua karyawan dan suport dari para pensiunan, serta dorongan dari pemerintah.

"Dulu pendapatannya hanya di angka 1,6 sampai 1,7 Miliar, sekarang sudah mencapai 2,1 Miliar. Alhamdulillah, pendapatan kita mulai bertumbuh," katanya.

Selain itu, kehadiran Perumdam Tirta Mahameru diharapkan bisa berkontribusi kepada daerah sebagai penyumbang PAD. Sehingga kehadiran Perumdam bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat secara luas.

"Tahun kemarin sumbangan PAD kita sekitar 2,8 Miliar. Alhamdulillah tren PAD kita naik terus, semoga tahun ini bisa lebih dari itu," jelasnya.

Saat ini, Perumdam Tirta Mahameru tengah berbenah menuju ke digitalisasi. Untuk yang berkenaan dengan non teknik, kinerja, keuangan dan yang berhubungan dengan layanan dan pelanggan sudah mulai bermigrasi ke digital.

Awal Bekti selaku pengurus sekber wartawan Indonesia kabupaten Lumajang ikut menyampaikan bahwa kinerja yang baik ini harus terus dipertahankan oleh segenap karyawan PDAM Lumajang, profesional dan kecepatan dalam mengatasi persoalan khususnya air.

Contoh saja saat ada saluran pipa PDAM di jalan suwandak bocor, ternyata dengan gerak cepatnya bisa langsung memperbaiki kerusakan pipa yang bocor.

" Saya yakin dengan sumber daya manusia yang dimiliki oleh segenap karyawan PDAM Tirta Mahameru bisa selalu memberikan pelayanan yang baik dan bisa memberikan rasa nyaman bagi pelanggan PDAM," tuturnya. 

( Eko )



Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama