Gubernur Khofifah dan Bupati Karna Panen Perdana Padi BK Situbondo 01 dan 02 Agritan

Gubernur Jatim bersama Bupati dan Wabup Situbondo beserta jajaran Forkopimda melakukan panen perdana padi BK 01 dan 02 agritan

 

Jawapes, SITUBONDO - Gubernur Provinsi Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Karna Suswandi, Wabup Nyai Khoirani dan jajaran Forkopimda Situbondo melakukan panen perdana padi BK Situbondo 01 dan 02 agritan di lahan Demfarm, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Selasa (23/5/2023).


Dikonfirmasi awak media usai acara, Gubernur Jatim Khofifah menjelaskan, saat ini di dunia sedang menghadapi tiga krisis, salah satunya adalah krisis pangan. Oleh karena itu, masing-masing negara sekarang memaksimalkan bagaimana produksi pangan bisa di swasembadakan. Disisi lain, pihaknya bersyukur karena di Provinsi Jawa-Timur pada tiga tahun terakhir, mulai Tahun 2020, 2021 dan 2022 untuk produksi padi dan beras posisinya tertinggi diantara seluruh provinsi yang ada di Indonesia. 


"Sekarang ditambah ada padi BK 01 dan 02 agritan dari Kabupaten Situbondo, tentunya akan menjadi angin segar dan harapan baru untuk penguatan produksi padi di Jawa-Timur. Harapan kita padi BK 01 dan 02 agritan tidak hanya untuk Kabupaten Situbondo, tetapi juga untuk daerah-daerah lain," harapnya.


Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi menyampaikan, rasa syukur karena panen padi BK Situbondo 01 dan 02 agritan sudah melampaui produksi rata-rata yang ditargetkan, yaitu target semula 7,9 ton per hektare. Sedangkan hasil panen hari ini diangka 8,8 ton per hektare.


"Kalau kita hitung dari luas areal 30.388 hektare, produksi beras kita di Kabupaten Situbondo 138.721 ton. Tetapi dengan adanya padi BK ini, kita akan menghasilkan produksi beras 489.655 ton. Jadi peningkatannya sangat luar biasa, dan rata rata kita akan bisa meningkat sampai 220 persen," paparnya.


Lebih lanjut, Bupati Situbondo berharap kepada para petani agar melaksanakan penanaman padi BK pada Bulan Oktober nanti. Sebab bibit dan POCnya akan diberikan secara gratis dengan mengikuti SOP. Nanti akan di kawal oleh teman-teman PPL yang ada di Kabupaten Situbondo. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama