Tingkatkan Partisipasi Perempuan, DP3APPKB Adakan Pelatihan Informasi Teknologi Bagi Pekka

Tingkatkan Partisipasi Perempuan, DP3APPKB Adakan Pelatihan Informasi Teknologi Bagi Pekka
Kepala DP3APPKB Kabupaten Situbondo berikan arahan dan sekaligus melakukan penutupan acara pelatihan

 

Jawapes, SITUBONDO - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Situbondo resmi tutup acara Pelatihan Informasi Teknologi kepada perempuan kepala keluarga (Pekka) yang diselenggarakan selama 2 hari, bertempat di ruang pelatihan UPT BLK Situbondo, Jumat (11/11/2022).


Kepala DP3APPKB Situbondo, Drs. H. Imam Darmaji, M.Si., menjelaskan, dalam pelatihan ini, peserta diajarkan materi tentang informasi penggunaan teknologi pemasaran. Materi kedua, pengenalan produk-produk yang layak jual dan teknik membuat pengemasan. Ketiga yang terakhir, diberikan materi tentang informasi teknologi cara pemasaran produk yang sudah dikelola oleh ibu-ibu peserta, antaranya cara membuat konten produk, metode menampilkan foto-foto produk dan sebagainya. Sehingga produknya diminati oleh masyarakat  karena menarik. Diharapkan peserta setelah ikuti pelatihan ini memiliki kemampuan tentang informasi teknologi pemasaran produk secara online dengan memanfaakan media sosial. 


"Peserta pelatihan ini sudah ada yang mempunyai usaha dan sebagaian juga pernah berusaha tapi gagal usahanya, tapi mereka masih berkeinginan untuk menumbuhkan usahanya lagi. Sehingga adanya kegiatan ini mendorong peserta supaya membentuk kelompok untuk memudahkan komunikasi dan saling membantu apabila ada persoalan-persoalan pengelolaan ataupun dalam memasarkan produknya," jelasnya.


Lebih lanjut, Kepala DP3APPKB Situbondo berpesan kepada peserta agar Ilmu yang diperoleh selama pelatihan dapat ditularkan kepada keluarga dan masyarakat, sehingga ilmunya bisa bermanfaat dan terus berkembang. Pelatihan ini sebagai bentuk pemberdayaan terhadap perempuan.


Sementara itu, Dianing salah satu peserta mengungkapkan, selama mengikuti pelatihan instruktur telah mengajarkan cara memasarkan produk dan buat konten yang baik untuk menunjang produk usahanya. Sehingga hasilnya jadi bagus dan produk memiliki nilai jual.


"Kami juga diberikan motivasi-motivasi. Setelah ikut pelatihan ini, sekarang saya sudah bisa membuat konten video iklan produk untuk dipasarkan melalui media sosial. Saya berharap pelatihan informasi teknologi agar dilaksanakan lagi karena sangat bermanfaat," ucapnya.


Pantauan awak media, acara penutupan pelatihan tersebut turut dihadiri Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender DP3APPKB Situbondo, Rofiqoh Sukmawati beserta staff dan instruktur pelatihan. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama