Ciptakan Tenaga Kerja Kompeten, Dinas Ketenagakerjaan Buka Pelatihan Las Listrik

Ciptakan Tenaga Kerja Kompeten, Dinas Ketenagakerjaan Buka Pelatihan Las Listrik
Kepala Dinas Ketenagakerjaan Situbondo berikan sambutan
dan arahan kepada peserta pelatihan keterampilan las listrik

 

Jawapes, SITUBONDO - Upaya tingkatkan keahlian produktivitas tenaga kerja dan pengembangan SDM, pemerintah daerah melalui Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Situbondo membuka Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Las Listrik bagi Pencari Kerja berdasarkan Klaster Kompetensi, di Aula BLK Situbondo, Senin (7/11/2022).


Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Situbondo, Didik Sulistiyono, SH., M.Si., menjelaskan, pihaknya mengadakan kegiatan pelatihan secara kontinu dengan tujuan untuk meminimalisir angka pengangguran terbuka dan menekan angka kemiskinan. Peserta pelatihan las listrik setelah mengikuti pelatihan akan diuji kompetensi oleh asesor Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Singosari dan nantinya mendapatkan sertifikat kompetensi.


"Mudah-mudahan bisa lulus semua dan dinyatakan kompeten," harapnya.


Lebih lanjut, Didik Sulistiyono menambahkan, setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan para peserta dapat membuka usaha kerja secara mandiri dan mampu menciptakan lapangan kerja, sehingga bisa merekrut tenaga kerja.


"Saya berpesan kepada peserta agar mengikuti pelatihan ini dengan serius dan manfaatkan sebaik-baiknya. Pelatihan las listrik dilaksanakan selama 31 hari dan jumlah peserta sebanyak 16 orang, sebelumnya telah melalui tahap seleksi," ungkapnya.


Saat dikonfirmasi awak media usai membuka acara pelatihan tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Situbondo, Ir. Sentot Sugiyono, M.Si., mengatakan kegiatan pelatihan las listrik yang diselenggarakan pada hari ini bersumber dari anggaran DBHCHT dan di Disnaker digunakan untuk peningkatan SDM, utamanya bagi masyarakat usia produktif.


"Saya berpesan kepada peserta selama mengikuti pelatihan selalu menjaga kedisiplinan dan tetap jaga kesehatan. Kami berharap setelah mengikuti pelatihan ini peserta mempunyai keahlian dan keterampilan sesuai bidangnya," pungkasnya.


Pantauan di lokasi kegiatan, acara pembukaan pelatihan las listrik turut dihadiri perwakilan dari UPT BLK Situbondo Mianto, Kabid Pelatihan Kerja dan Produktivitas Disnaker Situbondo Maharani Arkizatul Mamlu'ah, SH., beserta staff. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama