TNI Bersama Warga Bersihkan Sungai di Desa Krembangan Taman

Sidoarjo Guyup Rukun bersihkan aliran sungai

Jawapes, SIDOARJO
- Kodim 0816 menggelar Sidoarjo Guyup Rukun Kodim 0816/Sidoarjo di Lapangan Desa Krembangan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Kasdim 0816/Sidoarjo Mayor Chb Suprianto memimpin apel, diikuti 200 pasukan dari TNI, Polri, Satpol PP, Banser, PP dan masyarakat Desa Krembangan Kecamatan Taman, Sidoarjo, Senin (31/10/2022). 


Kasdim 0816/Sidoarjo mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada instansi dan semua pihak atas partisipasi, dukungan dan kerjasamanya, sehingga kegiatan Sidoarjo Guyup Rukun dapat terlaksana dengan baik.


“Ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan SIDOARJO SIAP 24 JAM yang mengandung singkatan Sidoarjo Semangat, Inovasi, Aman dan Peduli selama 24 Jam. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya dibutuhkan peran serta sinergitas antara TNI/Polri-Aparatur pemerintah, Ormas dan semua komponen masyarakat, agar secara bersama-sama guyup, rukun, kompak, dalam menjaga stabilitas keamanan dan pertahanan di wilayah Kab. Sidoarjo, yang benar-benar Aman dan Nyaman selama 24 Jam yang dirasakan oleh masyarakat,” ujar Mayor Chb Suprianto.


Selain melaksanakan kegiatan bakti kemandirian masyarakat juga membantu masyarakat Kabupaten Sidoarjo melalui gerakan pembersihan daerah aliran sungai, agar di musim penghujan saat ini tidak terjadi banjir. Untuk itu saya berpesan kepada seluruh peserta apel agar nantinya betul-betul melaksanakan pembersihan sungai pelayaran Desa Krembangan ini dengan tuntas, agar tidak terjadinya banjir akibat sungai penuh dengan sampah, tambahnya. 


Setelah pelaksanaan apel Sidoarjo guyup rukun dilanjutkan penyerahan sembako masyarakat kurang mampu dan anak yatim piatu. Selanjutnya, penyerahan bantuan bibit pohon dan penanaman secara simbolis oleh Kasdim 0816, Camat, Kapolsek, Danramil Taman dan Kades Krembangan. Pembersihan sampah dan enceng gondok di sungai pelayaran sepanjang kurang lebih 200 meter. Melalui gotong royong dan kerja bakti dalam rangka susur sungai pelayaran dengan membersihkan tumpukan sampah dan ranting serta enceng gondok. 


Danramil 0816/14 Taman Kapten Inf Ghofur Urokhim menyampaikan, kegiatan pembersihan sungai ini, untuk membersihkan sampah dan rumput liar yang mengganggu aliran sungai, ini dilakukan agar aliran sungai dapat mengalir dengan lancar dan terus terjaga kebersihannya. Sungai perlu dijaga dan dirawat kebersihannya, agar tidak terjadi banjir pada saat musim penghujan akibat adanya penumpukan sampah. 


"Adanya kegiatan Karya Bakti ini sekaligus untuk memberikan motivasi kepada masyarakat, akan kepeduliannya terhadap lingkungan. Upaya kita harus saling mengingatkan dan menggugah kesadaran masyarakat untuk terus menerus merawat dan menjaga kelestarian lingkungan," pungkasnya.(tyaz)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama