Babinsa Koramil 0816/13 Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional

Babinsa Koramil 0816/13 Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional
Peringatan Hari Santri Nasional di Desa Karangpuri

Jawapes, SIDOARJO
- Serka Agus Yudi Sukamto menghadiri peringatan Hari Santri Nasional yang dilaksanakan di masjid Roudlotul Jannah Desa Karangpuri, Minggu (30/10/2022).


Pada kesempatannya, Kades Desa Karangpuri Reny Susilowati menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini perlu diagendakan pada setiap tahun supaya ikatan persaudaraan masing-masing umat Islam dapat terjalin dengan baik. "Mengingat akhir-akhir ini umat Islam sebagai warga mayoritas tapi seperti minoritas di rumah sendiri," tuturnya.


Turut hadir Pengurus NU Kabupaten Sidoarjo, MWC Wonoayu dan ranting Karangpuri, Perangkat Desa Karangpuri, Penceramah Dr. KH Sholeh Qosim, M.Si, Jamaah masjid Roudlotul Jannah dan warga.


Pada peringatan HSN di Desa Karangpuri ini mengambil tema "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan" yang mencerminkan peran santri dalam sejarah bangsa karena selalu ada di setiap fase perjalanan bangsa Indonesia.


Santri tidak hanya ahli ilmu agama, tetapi juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Meskipun demikian, santri tidak melupakan tugas utamanya untuk menjaga agama. Agama sendiri memiliki tujuan utama yaitu untuk memuliakan manusia, bukan untuk merendahkan martabat kemanusiaan.


"Santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan atau hifdzunnafs adalah esensi ajaran agama, terutama di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk. Karena menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia," pungkasnya.(tyaz)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama