Tingkatkan Layanan Kesehatan, Dinkes Situbondo Launching Inovasi Berlian Bersinar

Tingkatkan Layanan Kesehatan, Dinkes Situbondo Launching Inovasi Berlian Bersinar
Launching inovasi berlian bersinar ditandai dengan pemukulan gong oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM

 

Jawapes, SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Kesehatan melakukan Launching inovasi "Berlian Bersinar", Kamis, (27/10/2022) Pendopo Aryo. Program inovasi ini untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil serta menurunkan angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi.


Kepala Dinkes Situbondo, Dwi Herman Susilo mengatakan, selama ini yang terjadi yaitu masih banyak ibu hamil sampai semester 3 belum juga mendatangi tempat pemeriksaan kesehatan. Saat menjelang melahirkan baru datang ke faskes atau bidan wilayah, puskesmas.                             

Kondisi kematian ibu dan bayi butuh upaya dalam percepatan penurunannya. Salah satunya dengan pemeriksaan Antenatal sesuai standart. Setiap ibu hamil harus periksakan kehamilan minimal 4 kali.


"Inovasi berlian bersinar yaitu kegiatan memberikan pelayanan kesehatan ibu hamil oleh tim ANC Terpadu Puskesmas dan dukungan lintas sektor dari tingkat kecamatan sampai desa. Tujuan dilakukan inovasi adalah untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Diharapkan derajat kesehatan dan usia harapan hidup masyarakat Situbondo meningkat. Dengan demikian indeks pembangunan manusia juga meningkat," ucapnya.


Menambahkan, tim ANC Terpadu terdiri dari tenaga kesehatan yang berkompeten melakukan pemeriksaan ibu hamil secara serentak di Kabupaten Situbondo pada bulan-bulan yang ditentukan. Bidan penanggung jawab wilayah berkoordinasi dengan kades bersama perangkatnya untuk menyampaikan jadwal pelaksanaan kegiatan dan jumlah sasaran ibu hamil. Selanjutnya bersama lintas sektor menggerakkan sasaran ibu hamil ke tempat pelayanan kesehatan yang ditentukan. Pelayanan Antenatal dilakukan 4 kali dalam setahun, yaitu di bulan 3, 6, 8 dan 10. (Adv)


Pembaca
Lebih baru Lebih lama