Pertama di Madiun, Desa CandiMulyo Canangkan Program SOTH

Pertama di Madiun, Desa CandiMulyo Canangkan Program SOTH
Kegiatan belajar mengajar di SOTH Kabupaten Madiun 


Jawapes, MADIUN - Kian hari tantangan keluarga dan orangtua dalam mengasuh anak semakin berat. Banyaknya kegagalan dalam pengasuhan anak, bukan karena kurangnya kasih sayang orang tua pada anak, melainkan karena sebagian orang tua tidak tahu bagaimana cara memberikan pengasuhan yang tepat.


Padahal, peran orang tua sangat penting dalam proses asih, asah dan asuh bagi anak-anak. Menjadi orang tua hebat memang bukan hal yang mudah, terlebih tidak ada kelas khusus yang secara formal memberikan pendidikan bagi para orang tua untuk mendidik anak-anaknya dalam rangka mewujudkan keluarga berkualitas. 


Namun bukan berarti hal tersebut tidak dapat direalisasikan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Candimulyo, Kecamatan Dolopo bekerja sama dengan Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Madiun meluncurkan sekolah tua hebat di Desa Candimulyo, Kamis (29/9/2022) lalu.


Elya Widi Astuti, SE selaku Kepala Desa Candimulyo mengatakan, sekolah orang tua hebat  (SOTH) merupakan program BKKBN Desa Candimulyo. Kemudian, sebagai desa pertama yang menjadi pilot project progam tersebut, maka direncanakan SOTH akan dilaksanakan 1 minggu sekali dengan estimasi 13 kali pertemuan dan diikuti 30 peserta yang langsung didampingi tenaga profesional dari Dinas BKKBN tingkat kabupaten maupun provinsi.


"Tujuan diadakan sekolah hebat ini karena masih kurangnya pengawasan orang tua pada anak-anak dalam soal pendidikan, terutama saat di dalam rumah. Sehingga akan berdampak pada perkembangan perilaku anak itu sendiri. Kualitas pengasuhan sangat menentukan kualitas generasi penerus yang dilahirkan oleh satu keluarga. Dengan progam ini semoga kedepannya keluarga dapat menjadi benteng pertahanan moral bagi anak," ujar Elya.


Elya memaparkan, kegiatan ini sebagai upaya Pemdes Candimulyo dengan menjalin kerja-sama bersama stakeholder terkait untuk penguatan ketahanan keluarga. Hal ini dilakukan dalam rangka membangun keluarga yang berkualitas serta untuk memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat terkait pentingnya penguatan ketahanan keluarga, perlindungan dan pemberdayaan terhadap keluarga sebagai unit terkecil di masyarakat.


"Saya sangat mendukung program ini. Harapannya dengan SOTH akan melahirkan anak yang hebat serta memberikan pengetahuan pengasuhan anak,  khususnya bagi orang tua," pungkasnya. (Bun)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama