Refleksi 8 th Media Jawapes



Jawapes Surabaya – Tidak terasa sudah 8 tahun Media Jawapes menemani menjadi penyambung informasi masyarakat dimana terus berkontribusi mengawal demokrasi dan membantu pemulihan ekonomi melalui informasi demi kemajuan bangsa dan negara secara objektif, membangun dan mengedukasi.

Pendiri yang saat ini sebagai Pimpinan Redaksi, Rizal Diansyah Soesanto, ST menyampaikan bahwa Media di era Reformasi manjadi salah satu pilar demokrasi setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif. Karena itu, ia menegaskan, pers sangat penting dalam kehidupan berdemokrasi di Indonesia saat ini dalam melakukan fungsi kontrol terhadap pemerintah.

"Saya berharap Media Jawapes dapat menciptakan kualitas demokrasi yang lebih baik dan terus memperhatikan prinsip etika jurnalistik," jelas Rizal, Minggu (15/8/2021).

Media Jawapes berdiri pada taggal 24 Agustus 2013, dalam memperingati hari jadinya dengan menggelar aksi peduli yang bertajuk “Bakti Untuk Negeri” dengan mengadakan pembagian sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 pada tanggal 24 Agustus 2021 dan Khitanan massal pada 12 September 2021 dikantor pusat Jl. Ketintang Baru II-14 Surabaya.

Selaku Dewan Penasehat Media Jawapes, Permadi, SH mengharapkan Media Jawapes dapat menangkal hoaks mengenai Covid-19, termasuk vaksin, dan sebagainya yang selama ini marak dilakukan di media sosial. 

“Pers sejatinya meluruskan mengenai berita hoaks yang berkembang agar dapat menciptakan situasi kondusif di masyarakat, terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang dialami seluruh dunia,” tegas Permadi. 

Sementara itu Komisaris Media Jawapes, Sugeng Nugroho, SH berpesan diusianya ke 8 tahun ini, Media Jawapes semakin tumbuh dan selalu ada dihati pembacanya.

"Semoga seluruh wartawan Media Jawapes dapat melakukan aktivitasnya dengan selalu menjaga kesehatan dan imun tubuh dengan menerapkan protokol kesehatan. Karena kita harus selalu ingat bahwa keluarga menanti di rumah," pesan Sugeng.

Sedangkan Dewan Pembina Media Jawapes, Suwito, SH, MH, mengajak di hari jadi Media Jawapes lebih bertanggugjawab dalam memperoleh, mengolah, dan menyampaikan pikiran melalui lisan maupun tulisan untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

“Keberadaan Media Jawapes merupakan instrumen paling baik dalam pencerahan dan meningkatkan kualitas manusia sebagai makhluk rasional, moral, dan sosial,” ucap Suwito. (Red)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama