Kapolres Tulungagung Lakukan Pemeriksaan Senpi Inventaris Bagi Anggotanya

Saat pemeriksaan senpi 

Jawapes, TULUNGAGUNG
- Guna mengantisipasi terjadinya kasus penyalahgunaan senpi oleh personel Polri khususnya anggota Polres Tulungagung, Propam Polres Tulungagung melakukan pengecekan senjata api (senpi) ke seluruh anggota Polres Tulungagung dan Polsek jajaran.


Kegiatan pemeriksaan dipimpin langsung Kasi Propam Polres Tulungagung, IPDA. Danang Tri yang dihadiri oleh Kapolres Tulungagung AKBP. Handono Subiakto, SH, SIK, MH, didampingi PJU, bertempat di halaman GOR Lembupeteng, Rabu (3/3/2021).


Kapolres Tulungagung, AKBP. Handono Subiakto, SH SIK MH., melalui KaSubbag Humas Polres Tulungagung, IPTU. Tri Sakti saat dikonfirmasi awak media mengatakan, seluruh anggota pemegang senpi dinas wajib menunjukkan kelengkapan administrasi dan memperlihatkan senpinya kepada tim pemeriksa.


"Pengecekan meliputi beberapa hal antara lain terkait surat-surat kelengkapan dan kebersihan senpi, tujuannya adalah untuk memastikan senpi yang dipegang anggota dalam kondisi baik dan terinventarisir,” ungkap Tri Sakti.


Dari 259 personil pemegang senpi dinas yang terdata, terdiri dari Sabhara, Satlantas, Satreskrim, Sat Intelkam, Sat Narkoba dan Polsek jajaran. Setelah diperiksa petugas, ada 24 pucuk senpi harus ditarik karena terkait administrasi dan dari hasil tes psikologi terakhir personil ada yang tidak memenuhi syarat (TMS), terang Tri Sakti.


Tri Sakti menambahkan, pemeriksaan ini sifatnya pengawasan dan pengendalian yang bertujuan untuk mengantisipasi penyalahgunaan senpi oleh anggota.


"Diharapkan bagi setiap anggota Polres Tulungagung dan Polsek jajaran yang membawa senpi bisa menggunakannya secara profesional dan sesuai SOP (standart operasional prosedur)," imbuhnya.


Sementara menurut Kapolres Tulungagung, melalui KaSubbag Humas Tri Sakti, mengingatkan kepada seluruh anggota pemegang senpi dinas untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan senjata yang telah dipercayakan kepadanya.(Rul)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama