36 Jurnalis Ikuti Pra UKW Solopos Secara Daring

Foto : istimewa

Jawapes Solo
- Berkenaan dengan persiapan UKW mandiri pada tanggal 30-31 Januari 2021 mendatang, sebanyak 36 jurnalis dari berbagai media mengikuti Pra UKW lembaga penguji Solopos yang digelar secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting, Kamis (14/1/2021) pukul 08.00 hingga 13.00 wib.

Dari 36 jurnalis yang akan mengikuti UKW mandiri ada 2 kategori tingkatan, yaitu 2 wartawan jenjang utama dan 34 jenjang muda. Dua narasumber pemberi materi ditampilkan merupakan penguji UKW, Suwarmin dan Tifaul Arifin, sedangkan satu narasumber yaitu pemimpin redaksi Solopos Grup, Rini Yustiningsih.

Materi pertama disampaikan oleh Suwarmin membahas tentang profesionalisme wartawan, undang-undang pers, dan kode etik jurnalistik. "Ketiga materi ini akan diujikan pada UKW mendatang," ungkap Suwarmin.

Sementara, Pemred Solopos Grup Rini Yustiningsih memberikan materi terkait penulisan publikasi, seperti penggunaan tanda baca dan pemakaian huruf kecil maupun besar dengan benar. Sedangkan untuk menulis judul berita, Rini menjelaskan bahwa standarnya yaitu 9 kata.

"Jika memberi judul selayaknya membuat rasa penasaran pada netizen, sehingga secara tidak langsung, pembaca akan membuka link yang dituju," imbuh Rini.

Tifaul Arifin yang menjadi pemateri ketiga juga menambahkan 12 materi dan pelaksanaan UKW secara garis besar. "Tidak usah khawatir, karena UKW merupakan kebiasaan sehari-hari kegiatan wartawan. Jadi jika seorang wartawan yang biasanya menulis sendiri, pasti akan paham dan mengerti," tutur Tifaul.

UKW yang akan dijalani wartawan, harap Tifaul, agar nantinya dalam menjalani profesinya sesuai dengan kode etik jurnalis dan UU pers.(tyaz)

join

join


kali berita ini telah dibaca

Post a comment

0 Comments

wa