Ustadz Slamet : Pancasila Lahir dari Sendi-Sendi Agama, dan Sesungguhnya Allah Amat Besar Siksanya


Jawapes Gresik - Berbagai pandangan publik mengemuka pada akhir-akhir ini, dari berbagai kalangan masyarakat mulai dari masyarakat awam hingga tokoh nasional membahas tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

Ustadz Slamet Kepala Divisi Agama LSM GMBI Distrik Gresik menyampaikan kepada awak media Jawapes beberapa waktu lalu (awal Juli 2020) dikantor Distrik, mengatakan ada 4 dasar yang bersumber dari Al-Qur’an menjadi inti pembicaraan, yang sangat penting apabila sikap pemerintah tidak membatalkan RUU HIP,
1. Wa ta’awanu alal-birri wat-taqwa,
2. Wa la ta'awanu alal-itsmi wal udwan,
3. Wattaqulloh,
4. Innalloha Syadiddul 'iqob.
Mengingat banyaknya korban yang tidak hanya dari segi material namun jiwa dan raga segenap bangsa Indonesia untuk memerdekakan serta merumuskan dasar negara.

"Kewajiban bagi kita  untuk menjaga serta mempertahankan walaupun nyawa sebagai taruhannya. Begitu juga visi dan misi yang terdapat di organisasi kami adalah sangat cinta terhadap dasar-dasar negara diantaranya adalah Pancasila," ungkapnya.

Lebih lanjut, Makna dari dasar agama yang saya kemukakan di awal, adalah menjadi peringatan bagi pihak-pihak manapun yang berkeinginan untuk merubah haluan maupun dasar-dasar negara maka akan berdampak besar terhadap keberlangsungan hidup berbangsa maupun bernegara. Makna ayat tersebut adalah, tolong menolonglah kamu didalam mengerjakan kebaikan, dan bukannya memecah belah dengan mebuat undang-undang baru. Dan jangan tolong menolong diantara kamu pada perbuatan dosa atau pelanggaran, dengan mengutak atik dasar negara yang sudah terbentuk diatas tumpah darah para pejuang dan pendiri bangsa.

"Sebagai makna inti dari ayat tersebut adalah bertujuan untuk kebaikan bersama, baik antara ummat maupun antar putra-putri bangsa dengan tetap menghormati warisan leluhur berupa dasar-dasar negara," jelas Ustadz.

Dan pada akhirnya, Sesungguhnya Allah amat besar siksanya apabila dasar-dasar negara dalam hal ini adalah Pancasila yang lahir dari sendi-sendi agama diubah, pungkas Ustadz Slamet.(Sub)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama