MENDASARKAN ATAU TIDAK TAP MPR NO.XXV TAHUN 1966, RUU HIP WAJIB DI TOLAK


MENDASARKAN ATAU TIDAK MENDASARKAN TAP MPR NO.XXV TAHAUN 1966 RANCANGAN UNDANG-UNDANG HALUAN IDEOLOGI PANCASILA (RUU HIP)  WAJIB DITOLAK .

Oleh: Ir. Prihandoyo Kuswanto Ketua Rumah Pancasila 

Jawapes Surabaya- Muncul nya RUU HIP cukup membuat kegaduhan bangsa Indonesia semua tokoh dan Ulamarupanya sudah mulai geram dan menolak RUU HIP sebab dari sisi apapun RUU HIP tersebut tidak berdasar justru merusak tatanan kenegaraan dan menjungkir balikan hirarki hukum. Mengapa.. ? 
Sebab :
1. Pancasila adalah Philosophy Grounslag yang letak nya diatas UUD 1945 .tidak bisa diletakan menjadi UU.

2. Pancasila sebagai sumber segala sumber Hukum tentu bukan berada dibawah UUD 1945 .Pancasila yang harus diacu harus nya Pancasila 18 Agustus 1945 yang rumusan nya berada di Pembukaan UUD 1945 alenea ke empar bukan Pancasila 1 Juni 1945 yang merupakan Konsep Pidato Soekarno yang ditawarkan untuk menjadi dasar Indonesia Merdeka . Panca Sila itu yang Final adalah Panca Sila yang duraikan di Alenea ke IV pembukaan UUD 1945.Mengapa ? Sebab di alenea ke IV itulah Panca Sila sebagai disain negara yang di proklamasikan 17 Agustus 1945.sebab Proklamasi dan pembukaan UUD 1945 adalah loro-loroning atunggal yang tidak bisa dipisahkan .

3. Yang dimaksud dengan Ideologi Negara Pancasila adalah kumpulan dari ide-ide atau gagasan tentang negara berdasarkan Pancasila , oleh sebab itu Ideologi Negara Pancasila adalah UUD 1945 dari Pembukaan , Batng tubuh ,dan Penjelasan nya.

4. Dengan ada nya RUU HIP sama arti nya telah terjadi amandemen terselubung pada Pembukaan UUD 1945 dan UUD 1945 .

5. Upaya menganti Pancasila 18 Agustus 1945 dengan Pancasila 1 Juni adalah upaya untuk memaksakan  masuk nya paham komunis  pada pengertian Pancasila.

6. Proklamasi   kita   memberikan   tahu   kepada   kita   sendiri   dan  kepada   seluruh   dunia,bahwa rakyat Indonesia telah menjadi satu bangsa yang merdeka.Declaration of independence kita, yaitu terlukis dalam Undang-Undang Dasar 1945serta Pembukaannya, mengikat bangsa Indonesia kepada beberapa prinsip sendiri, danmemberi tahu kepada seluruh dunia apa prinsip-prinsip kita itu dengan ada nya RUUHIP maka primsip-prinsip itu justru dikhianati .
7. Declaration   of   independence   kita,   yaitu   Pembukaan   Undang-Undang   Dasar   1945,memberikan pedoman-pedoman tertentu untuk mengisi kemerdekaan  nasional kita,untuk   melaksanakan   kenegaraan   kita,   untuk   mengetahui   tujuan   dalammemperkembangkan   kebangsaan   kita,   untuk   setia   kepada   suara   batin   yang   hidupdalam kalbu rakyat kita.dengan adanya RUU HIP sama arti nya mengkhianati suarabatin ang hidup didalam kalbu nya rakyat kita hal ini juga diamandemen nya UUD1945 merupakan Pengkhianatan .

8. Bung   Karno   mengatakan   ,   bahwa   Proklamasi   kita   tak   dapat   dipisahkan   darideclaration of independence kita yang berupa Undang-Undang Dasar 1945 dengan
Pembukaannya itu.dan Pancasila yang ada di alenea ke IV pembukaan UUD 1945itulah yang menjadi dasar Proklamasi 17 Agustus 1945 .

9. “Proklamasi” tanpa “declaration” berarti bahwa kemer-dekaan kita tidak mempunyaifalsafah. Tidak mem-punyai dasar penghidupan nasional, tidak mempunyai pedoman,tidak  mempunyai arah,  tidak  mempunyai “raison  d’etre”,  tidak  mempunyai tujuanselain daripada mengusir kekuasaan asing dari bumi Ibu Pertiwi.dengan mengunakanRumusan Pancasila 1 Juni maka sama arti nya Proklamasi kita tanpa “declaration” Proklamasi Kemerdekaan kita bukan hanya mempunyai segi negatif atau destruktifsaja, dalam arti  membinasakan segala  kekuatan dan kekuasaan  asing yang bertentangan dengan kedaulatan bangsa kita, menjebol sampai keakar-akarnya segalapenjajahan di bumi kita, menyapu-bersih segala kolonialisme dan imperialisme daritanah air Indonesia,– tidak, proklamasi kita itu, selain melahirkan kemerdekaan, juga melahirkan dan   menghidupkan   kembali kepribadian bangsa Indonesia dalam artiseluas-luasnya. kepribadian politik, kepribadian ekonomi, kepribadian sosial, kepribadian kebudayaan,

10. DPR   dan   penguasa harus  mengetahui bahwa Pembukaan UUD 1945 yang berisi rumusan Pancasila   dan   Proklamasi kemerdekaan itu semua  pemimpin-pemimpin, harus menyadari sangkut-paut antara  Proklamasi  dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Kemerdekaan untuk bersatu, kemerdekaan untuk berdaulat, kemerdekaan untuk adil dan makmur, kemerdekaan untuk memajukan kesejahteraan umum, kemerdekaan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, kemerdekaan untuk ketertiban dunia, kemerdekaan perdamaian abadi, kemerdekaan untuk keadilan sosial, kemerdekaan yang berkedaulatan rakyat, kemerdekaan yang ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, kemerdekaan yang berkemanusiaan yang adil dan beradab, kemerdekaan yang berdasarkan persatuan Indonesia; kemerdekaan   yang   berdasar   kerakyatan   yang   dipimpin oleh hikmat kebijaksanaandalam permusyawaratan/perwakilan, kemerdekaan yang mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,Semua ini tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, anak kandungatau saudara kembar daripada Proklamasi 17 Agustus 1945.

11. Jadi sebagai bangsa itu kita  harus merdeka. Pancasila bukan untuk menjadikan Manusia bermoral Pancasila. Sebab Pancasila itu sebagai Dasar Negara maka yang harus Pancasilais ya negara nya , aturan ketatanegaraan, cara mengatur negara nya.

12. Pembukaan , batang tubuh UUD 1945 dan penjelasan nya adalah pengejawantahan Pancasila didalam ketata negaraan.

13. Sementara manusia nya harus menjalankan agama nya dengan KAFA. " Yang Kristenjalankan Syareat Kristen dengan Kafa , Yang Hindu , Budah menjalankan syareat nyadengan kafa, begitu   juga yang beragama Islam juga menjalankan  syareat Islamdengan kafa".   Maka, dengan begitu jika semua bangsa ini beragama dengan benar dan
menjalankan syareat agamanya maka akan tumbuh moralitas manusia yang baik danakan terjadi kerukunan keberagamaan dalam berbangsa dan bernegara .

14. Ideologi Pancasila itu Ideologi Negara jadi bagaimana negara ini dijalankan denganIdeologi   Negara Pancasila   ....”  Karena itu maka Proklamasi dan Undang-Undang Dasar 1945 adalah   satu   “pengejawantahan”   kita   punya   isi   jiwa   yang   sedalam-dalamnya,   satu   Darstellung   kita   punya   deepest   inner   self.   17   Agustus   1945 mencetuskan   keluar   satu   proklamasi   kemerdekaan   beserta   satu   dasarkemerdekaan..”UUD 1945 beserta Pembukaan nya itulah Ideologi Negara Pancasila

15. Pembukaan mulai  dengan  pernjataan, “bahwa  sesungguhnja kemerdekaan itu ialahhak   segala   bangsa   dan   oleh   sebab   itu   maka   pendjadjahan   di   atas   dunia   harusdihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”. Hak akankemerdekaan  jang dimaksudkan   adalah daripada segala   bangsa,   bukannja hak kemerdekaan daripada individu, dan untuk mempertanggung djawabkan lebih landjut,bahwa “pendjadjahan di atas dunia harus dihapuskan” djuga bukan hak kemerdekaanindividu   jang  dipergunakan   sebagai   dasar, akan tetapi   “perikemanusiaan  dan perikeadilan”,   kedua-duanja     pengertian   dalam arti abstrak dan hakekat.  Djangansekali-kalli   lalu timbul  anggapan,   bahwa   di   dalam pernjataan hak kemerdekaan bangsa daripada Pembukaan itu tidak ada tempat bagi hak kebebasan perseorangan.Tidak demikian halnja,  akan  tetapi perseorangan ditempatkan dalam hubungannyadengan bangsa, dalam kedudukannja sebagai anggauta bangsa dan sebagai manusiadalam kedudukannja   spesimen   atas  dasar atau  dalam  lingkungan djenisnja ialah “perikemanusiaan”.  Sebaliknja bukan   maksudnja  djuga untuk menjatakan bahwa, perseorangan adalah seolah-olah anggauta bangsa, melulu pendjelmaan djenis, akan tetap seraja itu djuga merupakan diri sendiri dan berdiri pribadi. 

16. Pemakaian “perikemanusiaan” djuga sebagai  alasan untuk menghapuskanpendjadjahan, lagipula termasuknja sila “kemanusiaan jang adil dan beradab” dalamasas kerohanian Negara menundjukkan, bahwa dikehendaki untuk mendjadikan unsurkesesuaian dengan hakekat manusia itu sebagai pokok sendi bagi Negara, dan hakekatmanusia adalah machluk jang bersusun dalam sifatnja, ialah individu dan machluksosial   kedua-duannja. Jadi   bukan   hanya   dasar  Kemanusiaan   yang   menjadi   UUHIPtanpa menyebut Kemanusiaan Yang Adil dan beradab.

17. Dalam   pembukaan    ini   diterima   aliran   pengertian   Negara   persatuan,   Negara   jangmelindungi dan meliputi segenap bangsa seluruhnja. Djadi Negara mengatasi segalapaham golongan, mengatasi segala paham perseorangan. Negara menurut pengertian“pembukaan”   itu menghendaki   persatuan,  meliputi   segenap   bangsa  Indonesiaseluruhnja. Inilah suatu dasar Negara jang tidak boleh dilupakan”.negara Persatuanbukan negara kesatuan sebab persatuan itu negara yang melindungi segenap bangsanegara yang mengatasi segala paham golongan bukan memaksa kan satu paham saja .Disitulah arti dari Bhenekatunggalika .

18. “pokok   jang   ketiga   jang terkandung   dalam  “pembukaan”   ialah   Negara  jangberkedaulatan rakjat, berdasar atas kerakjatan dan permusjawaratan/perwakilan. Olehkarena itu sistem Negara  jang harus terbentuk dalam Undang-undang Dasar harus berdasar atas  kedaulatan rakjat  jang berdasar atas  permusjawaratan/perwakilan. Memang aliran ini sesuai dengan sifat masjarakat Indonesia”.Dengan lain perkataan sistim Negara harus demokratis, djadi disini dititikberatkankepada unsur sifat individu daripada manusia, dan demokrasi jang sesuai dengan sifatmasjarakat Indonesia jang telah terdapat dan terselenggara padanja, ialah kedaulatanrakjat atas dasar permusjawaratan/perwakilan.
Jadi   bentuk   Pilkada   Pilsung  Pilpres   adalah   bentuk  pengkhianatan  terhadap Pembukaan UUD 1945 , oleh sebab itu wajib UUD 1945 asli diberlakukan kembaliagar tidak muncul RUU HIP yang merusak tatanan kenegaraan .

19. Ditegaskan, bahwa “Negara Indonesia berdasarkan atas Hukum (Rechsstaat), tidakberdasarkan  kekuasaan  belaka (Machtstaat) ......  Pemerintahan  berdasar atas sistimKonstitusi   (Hukum  Dasar),   tidak   bersifat Absolutisme   (kekuasaan   jang   tidakterbatas). Dengan diamandemen  nya pasal 1 ayat 2  UUD 1945. Kedaulatan berada ditanganrakyat dan dilaksanakan  sepenuhkan oleh MPR, Setelah diamandemen Pasal 1 ayat 2menjadi  “Kedaulatan   berada   ditangan  rakyat  dan dilaksanakan  menurut UndangUndang Dasar Akibat   amandemen  UUD   1945   pasal   1   ayat   2  menjadi  tidak  jelas secara  makna apalagi secara hakekat. Secara makna apa mungkin UUD menjalankan UUD ? Siapayang menjalankan Kedaulatan rakyat itu pasal berapa ? juga tidak jelas .Akibat dari amandemen yang melahirkan kerusakan ketatanegaraan maka munculahpikiran-pikiran yang aneh seperti RUU HIP. 

20. Visi Negara   Republik Indonesia didalam  Pembukaan  dituliskan  Merdeka, Bersatu, Berdaulat , Adil dan Makmur. Misi   Negara  Republik    Indonesia  ada  pedoman jang  dalam  Pembukaan  sendiri ditentukan sebagai tudjuan dan tugas bekerdjanja Negara dalam kalimat keempat :

1. bersifat nasional, ialah ”melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpahdarah Indonesia dan untuk memadjukan kesedjahteraan umum serta mentjerdaskankehidupan bangsa.

2. bersifat  internasional ialah,  "ikut   melaksanakan  ketertiban dunia jang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”. Dua pedoman tersebut  apabila dipersatukan, maka merupakan perudjudan daripadamatjam-matjam kepentingan jang mendjadi tugas pemeliharaan Negara tidak tjumabangsa   Indonesia  dalam   keseluruhannja   harus  dilindungi, djuga  suku bangsa, golongan warga negara, keluarga, warga negara perseorangan.

21. Tidak   tjukup   ada  kesedjahteraan   dan  ketinggian martabat  kehidupan   umum  bagiseluruh bangsa, djuga harus ada kesedjahteraan dan martabat kehidupan tinggi bagisetiap   suku   bangsa,  setiap   golongan   warga  negara,   setiap   keluarga,  setiap   warganegara  perseorangan.   Dengan   lain  perkataan   harus   ada  keadilan   sosial,  jang pemeliharaannja   baik  diselenggarakan   oleh   Negara  maupun   oleh  perseorangansendiri, tidak dengan atau dengan bantuan Negara. Disinilah ketika amandemen UUD 1945 rupa nya banyak yang tidak mengerti bawahKeadilan   sosial   itu  adalah   Protes   keras   para  pendiri   negeri   ini  pada Individualisme ,Liberalisme , Kapitalisme . Atas dasar argumentasi dan dokumen-dokumen berdiri nya Negara Republik Indonesia makaRancangan   Haluan  Ideologi   Pancasila     harus  ditolak   karena   mengkhianati  ProklamasiKemerdekaan   17  Agustus 1945. Mengkhianati  Pembukaan   UUD   1945,  Mengkhianati
Ideologi Pancasila. Oleh sebab itu perlu diusut pengusul RUU HIP untuk di proses hukumkarena   telah melakukan  pengkhianatan   mengaburkan  Pancasila   yang   sah    rumusan   padapembukaan UUD 1945 alenea ke IV    terhadap Negara Proklamasi 17 Agustus 1945.
(CSan/Prihand)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama