Memutus Penyebaran Covid-19 Pemdes Jeruk Perketat Jalur Lintas Batas Propinsi

Jawapes Pacitan - Untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19 di wilayah perbatasan khususnya wilayah Bandar dan Nawangan Pemdes Jeruk bersama para relawan perketat penjagaan dan melakukan penyemprotan kepada setiap orang yang melintas di wilayah perbatasan Kecamatan Bandar Pacitan Jawa Timur dan Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Wilayah yang terletak di sebelah Utara dari pusat pemerintahan Kabupaten Pacitan  ini adalah Desa Jeruk Kecamatan Bandar. Daerah ini merupakan wilayah perbatasan lintas Kabupaten dan juga lintas Propinsi, maka tidak heran jika wilayah ini memerlukan perhatian khusus dalam mencegah penyebaran wabah virus covid-19 ini.

Dalam tugas penjagaan ini langsung dipimpin oleh Kepala Desa Jeruk Haris Kuswanto. Kepala Desa Jeruk Haris saat ditemui wartawan Jawapes, Senin (6/4/2020) mengatakan bahwa wilayahnya adalah wilayah perbatasan kabupaten dan propinsi, jadi kami harus tetap siaga dalam pengawasan terutama kendaraan yang masuk ke wilayah kami baik itu roda 2 maupun roda 4 atau lebih kami adakan penyemprotan demi kenyamanan semuanya," ujarnya.

Pemdes dengan Koramil, Polsek dan pemerintah kecamatan bandar bahu-membahu dan saling kerjasama untuk mendirikan posko di wilayah perbatasan tersebut. Semenjak 12 hari yang lalu saat posko ini didirikan memang untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19.
Posko ini di jaga oleh beberapa relawan, di antaranya adalah karang taruna, perguruan silat SH Teratai, SH Winongo, Banser, Bansos, Masyarakat dan perangkat Desa Jeruk. Dalam melaksanakan tugasnya, relawan ini  di bagi 3 sif tiap harinya dan tiap-tiap sif terdiri dari 12 sampai 15 orang dan di bantu petugas dari Polsek, Koramil, Pemdes Jeruk dan pemerintah kecamatan.

Selain mendirikan posko di perbatasan, kami juga mengadakan sosialisasi kepada masyarakat setiap 3 hari sekali secara berkeliling dan ini sudah kami lakukan sebanyak 6 kali dan juga selebaran-selebaran di masing-masing RT, imbuhnya.

Dalam pelaksanaan pencegahan penyebaran virus covid-19 di lintas batas ini, Pemkab Pacitan melalui BPBD memberikan bantuan APD yaitu berupa sepatu boot dan baju pelindung.

Haris berharap agar warganya bisa memahami dan mematuhi semua himbauan ini, sehingga virus covid-19 tidak menyebar di wilayah kami, pungkasnya.(Pram)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama