Pokjanal Posyandu Kabupaten Lumajang Gelar Rapat Koordinasi

Jawapes Lumajang - Bertempat di hotel Lumajang, Jalan Jend Ahmad Yani no 301-302 Lumajang, diadakan Kegiatan Rapat koordinasi Pokjanal Posyandu Kabupaten Lumajang, Kamis (5/9/2019).

Pembukaan Rapat Koordinasi Pokjanal Posyandu di buka oleh Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang Musfarinah Nurhayatin (Ning Farin),  menyampaikan bahwa dalam mewujudkan untuk meningkatkan kinerja Posyandu Puri menjadi taman Posyandu masih terus dilakukan agar dukungan lintas program dan lintas sektor serta masyarakat dapat berjalan dengan optimal. Dikatakan juga, taman Posyandu merupakan kegiatan yang sangat efektif sehingga dapat diharapkan memberikan pelayanan tumbuh kembang kepada balita agar mereka tumbuh cerdas serta berkualitas dikemudian hari, namun juga bisa menurunkan kematian ibu dan bayi.

Narasumber terdiri dari Kabid Kesmas dengan materi Pedoman umum Gerakan masyarakat sehat dan optimalisasi Germas, tim Pokjanal Posyandu provinsi Jawa Timur dengan materi penguatan lembaga kemasyarakatan dalam pos pelayanan terpadu dan evaluasi posyandu, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang dengan memberikan materi tentang upaya inovasi dan SIP dalam peningkatan strata posyandu serta optimalisasi taman posyandu di 9 lokasi khusus.

Peserta pertemuan rapat kordinasi Pokjanal Posyandu berjumlah 36 orang yang terdiri 26 orang unsur Pokjanal Posyandu Kabupaten Lumajang dan 10 orang perwakilan Kecamatan yang terpilih.

Sedangkan metode yang dipakai dalam kegiatan rapat koordinasi menggunakan metode paparan materi atau ceramah dan juga menggunakan metode partisipatif atau melakukan kegiatan dengan diskusi dan di lengkapi dengan tanya jawab.

Kepala Bidang Kesehatan masyarakat Drg.Rina Dwi Astuti, M.Kes, dengan kegiatan rapat koordinasi Pokjanal Posyandu untuk dapat meningkatkan strata Posyandu Purnama Mandiri (Puri) menjadi taman posyandu yang optimal melalui pendampingan lintas sektor terkait.

Di Jawa Timur jumlah posyandu pada tahun 2018 sebanyak 46.733,untuk strata posyandu terbanyak adalah tingkat Purnama 69,60 %. Sedangkan posyandu Purnama Mandiri kini mencapai 77,13 %.

Kabupaten Lumajang pada tahun 2018 Posyandu yang aktif sebanyak 1292 posyandu. Strata Posyandu yang terbanyak adalah tingkat Purnama (54,3%), sedangkan Posyandu Purnama mandiri kini mencapai 58 % atau 743 posyandu, kondisi ini masih dibawa target (70%).

Untuk tahun 2018 taman posyandu di Jawa Timur sebanyak 12.935 dari 8.501 desa. Secara kuantatif dari taman posyandu yang ada, terdapat 7.470 atau sebesar 57,75 % taman posyandu yang optimal.

Untuk tahun 2018 taman posyandu di Kabupaten Lumajang sebanyak 268 dari 205 Kelurahan/ Desa, secara kualitatif dari taman posyandu optimal yang ada,terdapat 182 atau sebesar 67,9 % taman posyandu yang optimal. Untuk mewujudkan posyandu puri dan taman posyandu optimal yang berkualitas, maka diperlukan pendampingan yang intensif dan berkesinambungan oleh tim Pokjanal Posyandu mulai dari desa sampai dengan provinsi," tuturnya.(Eko)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama