Prof. DR. Ma'ruf Cahyono Hadiri Halal Bihalal Komunitas Wartawan Banyumas Raya

Foto beberapa wartawan, seniman dan budayawan bersama Prof. DR. Ma'ruf Cahyono SH., MH (tengah pakai jas). 

Jawapes, BANYUMAS - Sejumlah wartawan yang tergabung dalam komunitas WBR (Wartawan Banyumas Raya) menggelar kegiatan halal bihalal, Minggu pagi (21/04/2024) sekira Pukul 10.00 Wib, bertempat di kediaman Sutrisno salah satu awak media yang beralamat ikut wilayah Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. 

Dalam kegiatan itu, dihadiri juga oleh seorang figur yang tidak asing lagi namanya bagi warga Banyumas yakni Prof. DR. Ma'ruf Cahyono SH., MH. Dimana Prof. Ma'ruf merupakan mantan Sekretaris Jenderal MPR RI yang Purna tugas masa pensiun, terhitung sejak tanggal 3 Februari tahun 2023.

Salah satu wartawan senior Sri Rahayu A.Md menyampaikan, mengumpulkan wartawan untuk acara seperti ini sangatlah susah karena mereka sibuk di lapangan, namun Alhamdulillah pada hari ini kita dapat berkumpul bersama dalam acara silaturahmi dan melaksanakan halal bihalal. 

"Melalui group Whatsapp (WA) halal bihalal bisa terlaksana, karena group ini juga kita buat untuk sharing apa saja mengenai hal positif dan tidak ada unsur sara. Yang terpenting tidak spaneng, selain itu untuk anggotanya juga tidak hanya wartawan saja, melainkan ada budayawan, advokat, politisi dan lintas profesi lainnya," katanya. 

Yayu sapaan akrab Sri Rahayu menyebut, wartawan adalah pilar ke-4 demokrasi setelah Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif. Para jurnalis ikut membangun bangsa dengan pemberitaan yang positif, edukatif dan tentunya tidak hoax, tapi juga wajib mengkritik Pemerintah.

Sedangkan menurut Herman, sebagai profesi wartawan sebaiknya jangan sampai mengemis apalagi memeras orang lain dan harus paham kode etik jurnalistik serta aturan lain tentang pers. 

"Sebagai wartawan jangan sampai mengemis bahkan untuk menakut nakuti karena rejeki (uang) akan datang dengan sendirinya," ujar Herman sekelumit kalimat dalam sambutannya. 

Sementara Prof. DR. Ma'ruf Cahyono SH., MH mengapresiasi kegiatan halal bihalal antar wartawan meskipun berbeda medianya. Dan Ia mengungkapkan, bahwa tidak asing dengan namanya para jurnalis, karena pernah juga menjabat sebagai Kepala Biro (Karo) Humas Setjen MPR RI pada tahun 2015.

Menanggapi dalam menghadapi Pilkada Banyumas 2024, Ia menuturkan meminta doa restunya. 

"Minta doa restu dan dukungannya saja, " ujar Ma'ruf dengan senyum sapa saat menyampaikan.(Cpt) 

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama