Dishub dan Ditlantas Polda Sumut Tinjau Kesiapan Mudik Lebaran 2024 di Ruas Jalan Tol Kisaran

Petugas Dishub bersama Ditlantas Polda Sumut melakukan survei kesiapan dan kelaikan ruas jalan tol fungsional

Jawapes, MEDAN - Dalam menghadapi situasi arus mudik lebaran tahun ini (2024). Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara (Dishub Sumut) bersama Direktorat Lalulintas Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Ditlantas Polda Sumut), dan  juga melibatkan beberapa instansi terkait melakukan survei kesiapan dan kelaikan  ruas jalan tol fungsional di wilayah Sumut , Rabu (20/3/2024).


Dalam kesempatan itu, Kadishub Sumut Agustinus Panjaitan menyampaikan bahwa kesiapan sarana mudik menjadi prioritas, dengan memperkirakan potensi jumlah pemudik untuk angkutan jalan sebesar 10-15 persen. Hal ini untuk antisipasi lonjakan arus mudik sebagaimana yang diketahui Pemprov Sumut telah menggelar program mudik gratis.


Terpisah, Direktur Lalu-lintas Polda Sumut, Kombes Muji, juga turut  menegaskan bahwa ruas jalan tol telah siap dilintasi oleh armada transportasi pemudik. Sebagai bagian dari persiapan fungsionalisasi tol Asahan-Indrapura. 


''Hal ini dilakukan secara gratis mulai tanggal 4 hingga 16 April,"ucap Kombes Muji.


Bicara soal keamanan dan kelancaran arus lalu lintas, Muji turut pula  mengimbau kepada para pengendara agar mematuhi batas kecepatan fungsional sebesar 60 km per jam dan agar mematuhi  aturan lalu lintas yang berlaku.


Dalam upaya mendukung jalannya kegiatan ini, Ditlantas Polda Sumut juga akan melakukan pengaturan dan rekayasa lalu-lintas demi kelancaran arus mudik tersebut.


Ari wibowo selaku Branch Manager sosok leader yang memimpin perusahaan Tol Kisaran menambahkan, ruas Tol Kisaran mampu menampung hingga 14.000 kendaraan pada hari puncak mudik. Namun beberapa ruas jalan masih dalam kondisi rusak. Terkait hal tersebut, pihak Dishub Sumut dan Ditlantas Polda Sumut juga akan melakukan pengecekan di beberapa titik rawan. Seperti perlintasan kereta api di Kisaran untuk antisipasi dan memastikan kelancaran perjalanan armada dan transportasi pemudik.


Melalui koordinasi yang intensif, pihak Dishub Sumut dan instansi terkait tetap akan  memastikan kesiapan ruas jalan tol di Sumut secara menyeluruh, sehingga pemudik dapat melakukan perjalanan dengan aman nyaman  dan lancar pada mudik Lebaran nantinya. (Edy Sihotang)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama