dr. Zuhrotul Mar'ah Sampaikan Pentingnya Bijak dan Selektif Saat Menerima Informasi

dr. Zuhrotul Mar'ah Sampaikan Pentingnya Bijak dan Selektif Saat Menerima Informasi


Jawapes, SURABAYA - Anggota DPRD Kota Surabaya Komisi B, dr. Hj. Zuhrotul Mar'ah hadir dalam kegiatan workshop jurnalistik dan pembuatan konten yang digelar oleh Majelis Pemberdayaan Masyarakat dan Informasi Digital (MPM-ID) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Krembangan di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya, Minggu (28/1/24).


Dalam sambutannya, dr. Zuhrotul Mar'ah menyampaikan betapa pentingnya menyaring kebenaran suatu informasi dalam ruang digital.


"Saat kita menerima informasi menarik dari ruang digital, jangan langsung percaya. Sebaiknya cek dan ricek kembali validitas informasi. Jangan sampai kita turut menyebarkan informasi palsu (hoax), yang bisa jadi akan menjerat kita pada kasus hukum," kata Zuhro.


dr. Zuhro juga menjelaskan, handphone itu ibarat sebagai setan kecil, dimana-mana entah itu mau tidur atau bangun tidur handphone selalu tidak bisa terlepas oleh penggunanya.


"Nah, mudah-mudahan nanti kalau kita sudah mendapatkan workshop ini, nanti setan kecil bisa menjadi malaikat, menjadi konten-konten pemberitaan dakwah yang positif, yang bisa membangkitkan ghirah keislaman kita, yang bisa mempersatukan umat Islam sehingga kedepannya umat Islam itu tidak tercerai-berai," jelas Zuhro.


Selain itu, dr. Zuhro menerangkan, pada zaman sekarang ini kita tidak bisa membedakan mana informasi yang benar dan mana yang informasi salah. Jadi seolah-olah konten itu benar ternyata ada kepintaran-kepintaran para pembuat konten itu sehingga tampak informasi itu

benar, padahal itu tidak benar.


"Kita harapkan konten-konten kreator kita itu bisa menyeimbangkan berita-berita yang hoax menjadi berita yang valid atau berita yang penuh kebenaran, walaupun kita tidak bisa mengatakan berita itu seratus persen benar," tandas Zuhro. 


(Bintang)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama