Isi Kekosongan Jabatan, Pemdes Talkandang Laksanakan Seleksi Penjaringan Perangkat Desa

Kades Talkandang memberikan sambutan dan arahan kepada peserta tes seleksi perangkat desa

 

Jawapes, SITUBONDO - Guna mengisi kekosongan 2 jabatan, yaitu Kaur Umum Usaha dan Kepala Dusun Lugundang Barat, maka Pemerintah Desa Talkandang, Kecamatan Situbondo mengadakan tes seleksi penjaringan calon perangkat desa, Senin (27/11/2023) di ruang kelas SMPN 3 Situbondo.


Dalam kesempatan itu saat dikonfirmasi awak media, Kepala Desa Talkandang, H. Suryanto mengatakan, hari ini pihaknya menyelenggarakan tes seleksi karena kebetulan ada kekosongan 2 jabatan di Pemerintah Desa Talkandang. Yaitu Kepala Dusun Lugundang Barat karena yang lama meninggal dunia dan jabatan Kaur Umum, dimana kaur sebelumnya mengundurkan diri karena mencalonkan menjadi anggota DPR. Sehingga untuk memaksimalkan pelayanan desa kepada masyarakat dan tidak terjadi rangkap jabatan, maka pemerintah Desa Talkandang mengadakan tes seleksi penjaringan perangkat desa sesuai dengan aturan yang berlaku.


"Kami sudah membentuk panitia tes seleksi penjaringan perangkat desa. Setelah dibentuk panitia dan dibuatkan SK, maka tahapan pertama adalah pengumuman, lalu membuka pendaftaran dan sampai saat ini melaksanakan tes," jelasnya.


Lebih lanjut H. Suriyanto menerangkan, pelaksanaan tes seleksi menggunakan komputer secara digital. Kemudian, jumlah total peserta yang mengikuti ada 16 orang dan semuanya adalah warga Desa Talkandang. Untuk jabatan Kepala Dusun Lugundang Barat ada 6 orang peserta dan Kaur Umum diikuti 10 orang peserta. Setelah dilaksanakan tes seleksi, hari ini panitia langsung mengumumkan hasil tes dan peserta yang dinyatakan lolos. Ia berpesan kepada peserta, nantinya siapapun yang terpilih sebagai perangkat desa agar membantu setiap kegiatan yang ada di desanya.


Sementara itu, Kabid Bina Pemerintahan Desa pada DPMD Situbondo, Sugeng Purwo Priyanto menjelaskan, pada prinsipnya DPMD tinggal menunggu laporan dari pemerintah Desa Talkandang terkait kegiatan tes seleksi penjaringan perangkat desa mulai dari awal sampai akhir. Pada acara ini, pihaknya hanya sebatas melakukan monitoring, evaluasi dan pembinaan kepada perangkat desa yang terpilih nantinya.


"Kami berharap desa lebih cepat dalam pelayanan kepada masyarakat karena sekarang SOTK-nya sudah lengkap," ungkapnya.


Pantauan awak media, pelaksanaan pembuka tes seleksi penjaringan perangkat desa dihadiri jajaran Forpimka Situbondo, perangkat Desa Talkandang dan peserta. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama