Launching KMB, Wabup Situbondo : Yang Terpenting Umat Beragama Rukun dan Menjaga Keutuhan NKRI

Wakil Bupati Situbondo didampingi Kepala Kemenag, tokoh agama dan kepala desa melaunching kampung moderasi beragama

Jawapes, SITUBONDO - Wakil Bupati Situbondo Nyai Hj. Khoirani melaunching kampung moderasi beragama (KMB) di Desa Sumber-Kolak yang ditandai dengan melepaskan burung merpati dan balon. Kegiatan tersebut berlangsung di kantor Desa Sumber-Kolak, Rabu (26/7/2023).


Dalam sambutannya saat menghadiri giat tersebut, Wabup Situbondo menyampaikan, hari ini dilaksanakan launching kampung moderasi beragama dan yang terpenting adalah bagaimana umat beragama ini bisa hidup rukun, saling bergandeng tangan dan menjaga keutuhan NKRI. Mudah-mudahan ke depan Situbondo akan semakin berjaya dengan adanya kerukunan beragama di kabupaten ini.


"Acara sosialisasi dan launching kampung moderasi beragama pada hari ini di Desa Sumber-Kolak mari kita buka bersama-sama," ujarnya.


Sementara itu saat dikonfirmasi awak media usai acara, Kepala Kemenag Situbondo melalui Kasi Bimas Islam Rif'an Junaidi menjelaskan, rintisan kampung moderasi beragama dilaksanakan karena sesuai amanah dari Dirjen Bimas Islam. Dimana setiap kecamatan itu mempunyai rintisan, dan di Situbondo pada tahapan sebelumnya telah dilakukan penilaian oleh tim Pokja kampung moderasi beragama tingkat kabupaten. Yaitu ada 4 desa rintisan KMB yang dikunjungi, antaranya Desa Wonorejo, Desa Gudang, Desa Sumber-Kolak dan Desa Besuki.


"Dari empat desa tersebut yang kita nilai, ada 2 peringkat tertinggi.  Nominator pertama secara indikator penilaian adalah Desa Wonorejo, tetapi untuk launchingnya kita tempatkan di sini. Desa Sumber-Kolak masuk nominator kedua tetapi kita tempati untuk launching secara nasional rintisan KMB mewakili Kabupaten Situbondo," paparnya.


Lebih lanjut, Rif'an Junaidi yang juga menjabat sebagai ketua Pokja KMB Kabupaten Situbondo menerangkan, tim Pokja KMB kabupaten melakukan penilaian berdasarkan indikator-indikator yang sudah ditetapkan. Pihaknya menargetkan di setiap kecamatan mempunyai percontohan satu desa yang ditetapkan sebagai kampung moderasi beragama. Jadi masing-masing kecamatan ada satu desa kampung moderasi beragama. 


"Kita berharap dengan adanya kampung moderasi beragama masyarakat mempunyai ruang baru untuk menciptakan harmoni umat beragama. Di situ ada sharing ataupun diskusi bersama tanpa lagi melihat latar belakang agama," pungkasnya.


Berdasarkan pantauan awak media di lokasi, dalam pelaksanaan acara tersebut ada penampilan hadrah yang berkolaborasi dengan musik gamelan moderasi. Kegiatan sosialisasi dan launching turut dihadiri Kepala Kemenag Situbondo, Pimpinan OPD terkait, perwakilan ormas Islam, FKUB, Sekcam Panarukan, Kepala Desa Sumber-Kolak beserta perangkat desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama