Pekerjaan Proyek Program P3TGAI Wilayah Kecamatan Susukan Sudah Mulai Dilaksanakan

Penggarapan Proyek Program P3TGAI Wilayah Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara.

Jawapes, Banjarnegara - Pelaksanaan program Pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bidang Pengembangan Sumber Daya Air (PSDA) yang di peruntukan untuk mendukung sarana dan prasarana pembangunan irigasi yaitu disebut Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) di Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara sudah mulai di laksanakan.

Program tersebut ada 6 Desa yang mulai mengerjakan yaitu Desa Susukan, Karang Jati, Panarusan Kulon, Brengkok, Gumelem Wetan dan Dermasari, dengan alokasi anggaran per Desa mencapai Rp. 195.000.000. 

Kepala Desa Susukan Mohamad Sholeh menyampaikan, untuk proyek Irigasi ini sangat memenuhi harapan untuk petani, dan proyek tersebut berkat pemberian Aspirasi dari anggota DPR RI Fraksi Demokrat Lasmi Indaryani SE.

"P3TGAI merupakan pogram penyejuk hati bagi para Petani dan memenuhi harapan Irigasi yang baik. Bagaimana pun, pengairan yang lancar tentu panen tergambar. semoga program ini berkesinambungan meskipun di Kecamatan Susukan sudah tiga tahun berjalan trima program ini, tapi masih banyak saluran yang butuh perbaikan. Terima kasih tak terhingga atas Aspirasi Ibu Lasmi Indaryani dari anggota DPR RI dengan Aspirasinya yang membawa petani punya banyak harapan," ungkap Mohamad Sholeh salah satu Kepala Desa dari 6 Desa yang menerima program P3TGAI, Rabu (31/05/2023) kepada awak media saat ditemui.

Sementara Camat Susukan Suroso S.STP., M.Si melalui Sekretaris Kecamatan Susukan Agus Setiyadi ST., MSI menerangkan, bahwa Program P3TGAI adalah sebuah harapan untuk segala sektor di masyarakat Susukan. 

"Program P3TGAI di harapkan sesuai dengan tujuannya, untuk dapat mendongkrak lapangan kerja serta mempercepat peningkatan nilai tambah perekonomian rakyat dengan program perlindungan sosial dan program Padat Karya Tunai. P3TGAI adalah Program Rehabilitasi, peningkatan atau pembangunan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang di laksanakan sendiri oleh P3A, GP3A atau IP3A secara Swakelola atau tidak di kontraktualkan," terangnya.

Program P3TGAI diharapkan, kedepannya bisa mempermudah dan memperlancar air irigasi serta bisa meningkatkan panen untuk petani di wilayah Kecamatan Susukan. 

"Harapannya dapat memperlancar pengairan di sawah, sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian. Pemerintah Kecamatan juga sangat berterima kasih dapat alokasi P3TGAI, harapannya di tahun 2024 bertambah untuk Desa Desa yang menerima program tersebut," tutup Agus Setiyadi.(Baskoro)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama