Ketua RW 011 Kelurahan Jogotrunan, Setuju Saluran Temi di Normalisasi jangan Tunda Lagi

Jawapes Lumajang - Sungai temi atau saluran air harus bisa memberikan manfaat bagi para petani, untuk itu dinas terkait harus bisa lakukan normalisasi karena kondisi sungai sangat dangkal, Kamis (15/6/2023).

Mokhamad Eko Santoso selaku ketua RW 011 kelurahan Jogotrunan menceritakan bahwa dulu cak thoriq punya gagasan agar kali temi dilakukan normalisasi, akan tetapi karena ada karamba perlu di bongkar terlebih.

Untuk itu warga lingkungan RW 004 dan RW 011 kelurahan Jogotrunan yang mempunyai karamba beton di sepanjang kali temi dibongkar dan Alhamdulillah karena semua untuk kepentingan umum maka pemilik karamba lakukan pembongkaran secara iklas dan tidak minta ganti rugi.

Perlu diketahui kondisi sekarang kali temi sangat dangkal dan kotor, apabila musim hujan air sungai sering masuk ke rumah rumah warga.

" Saya sangat setuju bila kali temi dilakukan normalisasi sehingga air tidak masuk warga  dan sungai tidak dangkal lagi, warga juga sering lakukan kerja bakti untuk membersihkan sampah," tuturnya.

Suyanto warga RT 002 RW 011 kelurahan Jogotrunan dulu pemilik karamba menyampaikan bahwa karamba beton kita bongkar sendiri dengan harapan semua karamba diatas juga harus dibongkar tidak ada kecualianya, sehingga air bisa lancar. Akan tetapi kenyataannya bahwa karamba tidak dibongkar dengan berbagai alasan.

" Saya masih ingat cak thoriqul inginkan normalisasi sungai temi, jadi kenapa harus di tunda lagi," tuturnya.
Masduki penasehat forum jurnalis independen nasional Lumajang angkat bicara UPT PSDA wilayah sungai bondoyudo baru, sudah sangat tepat dengan lakukan sosialisasi rencana penertiban karamba di saluran sekunder temi daerah irigasi brugpurwo masuk wilayah provinsi Jawa timur.

" Harusnya pemilik karamba harus legowo dan memahami situasi bahwa saluran temi ini merupakan aset fasilitas umum dan sudah seharusnya dinas terkait untuk melakukan tugas dengan menjaga saluran air dan lakukan normalisasi bila dilihat sangat dangkal," tuturnya.

Awal Bekti media dari sigap 99 akan terus berusaha mencari konfirmasi ke kepala UPT PSDA wilayah sungai bondoyudo baru, dan rencananya besok mau menghadap Prabowo, karena dilihat undangan yang dihadirkan seperti dari dinas perikanan, dinas lingkungan hidup, pol PP, camat sumbersuko, ketua Hippa dan lurah yang dekat dengan saluran temi sudah sangat lengkap tentunya keputusan bisa segera diambil.

" Dibutuhkan ketegasan dan sekaligus kearifan yang bijak sehingga polemik ini bisa segera diambil kesimpulan untuk kepentingan bersama," tutur Bekti.

( Eko )





Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama