Dalam Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila, Bupati Banyumas Sampaikan Jangan Lupakan Sejarah

Upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila.

Jawapes, Banyumas - Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein memimpin upacara Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, Kamis Pagi (01/06/2023) di Pelataran Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas. Dalam Memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023 mengusung tema  Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.

Pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila diikuti oleh Forkompimda Banyumas, perwakilan ASN di lingkungan Setda Banyumas, TNI/Polri, Organisasi Masyarakat serta perwakilan pelajar Sekolah Menengah Atas di Purwokerto dan di Komandani oleh Kapten Inf. Sugeng.

Dalam sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang dibacakan oleh Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein bahwa mengajak masyarakat Banyumas untuk selalu mengingat sejarah demi menggali jati diri bangsa serta sebagai alat pemersatu.

"Kita patut bersyukur, pada 2016 silam Presiden Joko Widodo telah menetapkan 1 Juni sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Dengan penetapan itu, kita tidak kehilangan sejarah," jelasnya.

Ia juga menambahkan, desa-desa di Jawa Tengah, khususnya Desa Wisata mulai menggali sejarahnya masing-masing yang pada akhirnya melahirkan narasi untuk memperkuat mental sekaligus optimisme warga.

"Dengan narasi dan optimisme warga yang terbangun akan tergerak secara optimal sebuah kemakmuran. Orang-orang desa tidak perlu lagi merantau karena mencari nafkah di kampung halaman sudah melimpah," ucapnya.

Husein menjelaskan, efek tersebut dirasakan dengan mencetak sejarah, Surplus Indonesia terbesar dengan tembus USD 54,46 Milyar. Dan sejak tahun 2020, Indonesia selalu mengalami Surplus perdagangan di atas USD 20 Milyar.

"Itulah optimisme pembangunan yang lahir setelah kita mengenal dan menghargai sejarah," ungkapnya.(JP.K-3)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama