Persiapan Program TMMD-AD Desa Gumelem Wetan Kecamatan Susukan Dimulai

Danramil 09/Susukan, Kapten Inf.Koko Suwarto memberikan arahan dalam persiapan Program TMMD bersama warga sekitar.

Jawapes, Banjarnegara - Program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 2 Tahun 2023 sudah mulai di awali kegiatannya di Desa Gumelem Wetan Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lokasi Dusun 3 Adiwulan yang meliputi RT. 04/RW.07, RT.05/RW.07, RT.06/RW.07 dan RT.07/RW.07, dimana Pembukaan Pra TMMD Sengkuyung di mulai, Kamis (25/05/2023) Pukul 08.00 Wib.

Wilayah Dusun Adiwulan Desa Gumelem merupakan daerah dataran tinggi dengan akses jalan cukup ekstrim yang tentunya membutuhkan peningkatan infrastruktur memadahi. TMMD Sengkuyung ini merupakan Program dari TNI Angkatan Darat sebagai Program Karya Bhakti TNI yang di laksanakan secara lintas sektoral dan terpadu dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten.

Danramil Susukan Kapten Inf. Koko Suwarko mengatakan, bahwa Program TNI Angkatan Darat ini dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di suatu daerah, sehingga seluruh Jajaran Angkatan Darat, khususnya di Kodim yang ada di seluruh Indonesia melaksanakan hal yang sama. 

"TMMD adalah wujud kerja sama antara rakyat dan Tentara, karena Indonesia menganut faham HANKAMRATA (Pertahanan Rakyat Semesta)," katanya dalam sambutan, Kamis (25/05/2023).

Kapten Inf. Koko Suwarto menambahkan, harapannya dengan adanya TMMD Sengkuyung ke dua ini, bisa menjadikan kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

"Tujuan dari TMMD ini, selain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga untuk meningkatkan Kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat. Dan kita tau, Rohnya TNI adalah dukungan untuk meningkatkan dari segi ekonomi, sosial dan lain lain. Kita tau sendiri, dengan adanya akses jalan  semua bisa mudah. Contohnya dari segi panen hasil bumi, terus mungkin juga Pendidikan, jadi semua serba mudah dilaksanakan," jelasnya kepada awak media saat diwawancarai usai kegiatan.

Sementara Camat Sususkan Suroso MS.i menyampaikan, apresiasi dalam kegiatan TMMD di Desa Gumelem Wetan dan akan berkoordinasi dengan Dispermades BPKB Daerah Kabupaten Banjarnegara.

"Yang pertama kami dari Pemerintah Kecamatan Susukan tentunya menyambut baik rencana pelaksanaan kegiatan TMMD di Desa Gumelem Wetan yang di laksanakan antara TNI dengan Pemerintah Daerah sebagai wujud Slogan Pemerintah Daerah Banjarnegara "Manunggaling Swara Tumataning Praja" jadi bersatu padu antara masyarakat dan Pemerintah dalam rangka berkegiatan. Kami sangat mengapresiasi di awal persiapan ini, dari masyarakat Insya Allah kita semua bisa terus mendirikan program yang sudah di rencanakan untuk pembangunan di Desa Gumelem Wetan," tuturnya.

Lanjut Suroso mengatakan, kami dari Pemerintah Kecamatan Susukan akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten, dalam hal ini secara teknis adalah dengan Dispermades BPKB.

"Dan mulai nanti, proses di awali dengan Upacara Pembukaan kemudian pelaksanaan kegiatan, baik nanti ada kegiatan Fisik maupun Non Fisik, baru kami akan ikut berpartisipasi supaya terlaksana dengan baik dan semoga nanti sampai penutupan," ujarnya.

Sedangkan Kepala Desa Gumelem Wetan Chartun juga menyampaikan, ucapan terima kasih dan rasa syukur kepada TNI dan Pemerintah Daerah atas pelaksanaan Program TMMD-AD yang memberikan berupa peningkatan infrastruktur di Desa kami, Desa Gumelem Wetan. 

"Kami selaku Pemerintah Desa Gumelem Wetan Kecamatan Susukan sangat bersyukur dan mengucap Alhamdulillah serta ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI  dan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara. Untuk Program TMMD ini, kami berharap akan mempermudah aktivitas masyarakat kami. Nantinya ada peningkatan ekonomi dan meningkatkan pembangunan di desa kami, bisa bermanfaat untuk semua masyarakat desa kami," ucap Chartun.(Baskoro)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama