Kepengurusan Asmindo Komda Situbondo Resmi Dikukuhkan, Ini Program Kerjanya

Ketua Umum DPP Pusat Asmindo bersama pengurus Asmindo Komda Situbondo saat melakukan sesi foto bersama pada acara pengukuhan

 

Jawapes, SITUBONDO - Ketua Umum DPP Pusat Asmindo Dedy Rochimat mengukuhkan dan melantik pengurus Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Komda Situbondo masa Bakti 2023 - 2028 yang berlangsung di Aula pertemuan salah satu hotel di Kabupaten Situbondo, Sabtu (27/5/2023).


Dikonfirmasi awak media usai melantik, Ketua Umum DPP Asmindo berpesan kepada jajaran pengurus dan anggota Asmindo Komda Situbondo dalam berorganisasi agar saling menyemangati, harus bersaing secara sehat dalam menjalankan usaha dan tetap kerja-keras. Di Indonesia produk mebel dan kerajinannya dicintai dunia. Sehingga harus mampu membuat produk yang baik dan berkualitas  supaya bisa produksi lebih untuk diekspor.


"Kita mempunyai semua bahan baku. Seperti bahan dari kerang, kayu, rotan dan termasuk tenaga tukang juga ada banyak. Bagi pengurus yang baru dilantik diharapkan dapat bekerja-sama dengan seluruh stakeholder, kalau kita saling dukung pasti akan lebih sukses," ujarnya.


Sementara itu, Andi Herwanto selaku Ketua Asmindo Komda Situbondo menjelaskan, setelah pelantikan ini, program kerja yang akan dilaksanakan yaitu fokus dipenjualan. Jadi saat ini konsentrasi pada produk-produk yang ada

dan sekiranya layak untuk dijual secara ekspor dengan melalui beberapa marketplace. Tak hanya itu, produk-produk mebel dan kerajinan dari Kabupaten Situbondo juga akan di bawa ke setiap event pameran dan nantinya bisa diekspor ke luar negeri dengan skala besar. 


"Peluang permintaan pasar di luar negeri untuk produk mebel dan kerajinan luar biasa. Kalau penjualan dalam negeri rata-rata mereka (pengrajin) sudah punya pemasaran, terutama seperti menjual produknya ke Bali," jelasnya.


Di tempat yang sama saat menghadiri acara tersebut, Sekretaris Diskoperindag Situbondo, Mohammad Hasan mengatakan, pihaknya dari pemerintah daerah akan mensupport teman-teman pengusaha mebel dan kerajinan yang tergabung dalam Asmindo Komda Situbondo. Diskoperindag nanti memfasilitasinya untuk mengikuti pameran road show Iffina di Tanggerang 2023. Tentunya mereka harus menampilkan produk-produk yang bagus dan memenuhi syarat untuk dipamerkan.


"Harapanya para pengusaha di Kabupaten Situbondo bisa melebarkan sayapnya dan mengekspor produknya ke luar negeri," ucapnya.


Lebih lanjut, Sekretaris Diskoperindag Hasan menambahkan, dalam rangka peningkatan SDM,   pihaknya akan mengadakan pelatihan-pelatihan. Sedangkan untuk akses permodalan bagi pelaku usaha mebel dan kerajinan, Diskoperindag akan menghubungkan mereka ke pihak perbankan dan koperasi. Tentunya sesuai dengan syarat dan ketentuan dari lembaga keuangan tersebut. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama