Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno Kunjungi Wisata Kampung Kerapu dan Lakukan Dialog Interaktif

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno Kunjungi Wisata Kampung Kerapu dan Lakukan Dialog Interaktif
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI melakukan dialog interaktif bersama pelaku UMKM Kabupaten Situbondo 


Jawapes, SITUBONDO - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno,B.B.A., M.B.A., melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Situbondo, salah satunya menghadiri acara Seminar Strategi Peningkatan Ekraf UMKM yang terselenggara di Wisata Kampung Kerapu, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Sabtu (14/1/2023).


Dikonfirmasi awak media, Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, kunjungannya ke Kabupaten Situbondo dalam rangka peresmian wisata religi di Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo. Selanjutnya, ada kegiatan pelatihan pelaku ekonomi kreatif dan malam ini ke Wisata Kampung Kerapu atas undangan dari para pelaku ekonomi kreatif, menggelar kegiatan seminar interaktif. Jadi aspirasi yang disampaikan masyarakat akan ditampung. Ada beberapa keluhan dari pelaku UMKM, antaranya  berkaitan dengan pemasaran, kemasan serta pelatihan yang dilakukan harus benar-benar tepat sasaran, manfaat juga tepat waktu. 


"Dalam menyerap aspirasi masyarakat kita harus hadir untuk memberikan solusi dan motivasi. Tadi ada permintaan yang langsung kita eksekusi untuk kebutuhan produk-produk ekonomi kreatif yang dikembangkan di Kabupaten Situbondo. Yaitu berkaitan dengan kerajinan tangan, karena kami melihat peluangnya sangat besar dalam penciptaan target 4,4 juta lapangan kerja pada Tahun 2024," terangnya.


Sandiaga Salahudin Uno menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Wabup Situbondo untuk memfasilitasi sertifikasi halal secara gratis bagi para pelaku UMKM. Jadi nanti bentuknya kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah Kabupaten Situbondo.


"Saya akan fokus berada di tengah masyarakat untuk berjuang memastikan solusi yang dibutuhkan karena kondisi ekonomi sekarang sudah mulai menggeliat tetapi masih menghadirkan banyak tantangan, yakni UMKM kita membutuhkan bantuan dalam meningkatkan usaha dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya," ungkapnya.


Lebih lanjut, Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno memberikan tanggapan positif adanya wisata Kampung Kerapu di Situbondo dan hal ini menjadi sebuah langkah inovasi yang patut dapat apresiasi. Menurutnya, wisata Kampung Kerapu bisa jadi contoh oleh para pengelola wisata bahari lainnya dengan menghadirkan suasana malam yang romantis dan dijadikan spot unggulan bagi wisata kuliner, khususnya yang berbasis kerapu karena disini ada budidaya ikan kerapu. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama