Dinkes Pacitan Gelar Sarasehan Bersama Warta Kesehatan

Pelaksanaan acara sarasehan bersama warta kesehatan

 

Jawapes, PACITAN - Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan gelar sarasehan warta kesehatan. Kegiatan tersebut adalah bentuk kerja-sama antara pemerintah daerah dan awak media dalam keselarasan informasi, yang berlangsung di Gedung Baru Dinkes kesehatan Kabupaten Pacitan, Rabu (4/1/2023).


Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Pacitan dr. H. Hendra Purwaka, Sekretaris Dinkes Pacitan Dr. Ndaru beserta jajarannya, Kadis Kominfo Bambang Mahendra, serta anggota FPPA (Forum Pewarta Pacitan).


Kepala Dinas Kominfo Bambang Mahendra dalam sambutannya mengatakan, pihak pemerintah daerah akan berupaya menjadikan lingkungan sehat dalam rangka mewujudkan kehidupan masyarakat Kabupaten Pacitan menjadi nyaman, aman, dan sejahtera. Dalam upaya ini menjadikan disetiap lingkungan, bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk menampung setiap warga lingkungan setempat melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi. Tentunya dalam hal ini sudah mendapatkan kesepakatan dari pihak warga masyarakat dan pemerintah daerah.


"Daerah sehat merupakan perwujudan dari warga yang sehat, komunitas yang sehat, dan lingkungan yang sehat pula. Kemudian dari manfaat yang demikian akan semakin mendorong partisipasi aktif masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan dan perdamaian, baik dalam lingkup desa, kecamatan sampai ketingkat pemerintah kabupaten," tutur Bambang.


Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Dokter Hendra Purwaka memaparkan, tenaga kesehatan mempunyai peran panting untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan menggerakkan pembangunan yang berwawasan kesehatan. Hal ini didasarkan atas kewajiban utama tenaga kesehatan yang berada disetiap Puskesmas untuk mengupayakan masyarakat supaya dapat hidup sehat dan sejahtera. Baik dari segi fisik, mental, sosial dan ekonomi. Tenaga kesehatan wajib mampu menjadi motor penggerak prime mover atau sebagai agent of change pembangunan kesehatan. 


"Hal ini sesuai dengan harapan Menkes bahwa peran tenaga kesehatan bagi masyarakat dalam program Indonesia Sehat terfokus pada tiga pilar. Yakni paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan jaminan kesehatan nasional," pungkasnya. (Tim)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama