Bupati Banyumas : Jembatan Kalipelus Arcawinangun Purwokerto Mulai Diperbaiki Senin Besok

Bupati Banyumas : Jembatan Kalipelus Arcawinangun Purwokerto Mulai Diperbaiki Senin Besok
Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein beserta Dinas terkait
survei Jembatan Kalipelus Arcawinangun Purwokerto.


Jawapes, Banyumas - Jembatan Kalipelus ikut wilayah Kelurahan Arcawinagun Kecamatan Purwokerto Timur yang menghubungkan Desa Dukuhwaluh Kecamatan Kembaran ditutup total untuk dua arah, Sabtu (21/01) sekitar Pukul 18.30 Wib. Penutupan tersebut dilakukan akibat posisi jembatan mengalami keretakan di sisi barat dan penyangganya mengalami ambrol dampak dari tergerus banjir arus sungai kiriman dari wilayah Baturraden dan Sumbang. 

Jembatan tersebut merupakan akses utama warga Kembaran dan arah menuju ke Purbalingga serta Purwokerto atau kebalikanya.

Selain jembatan yang retak, banjir juga mengerus pondasi bangunan Toko Material yang berada bersebelahan dengan jembatan sisi barat dan sebagian bangunan longsor ke dalam sungai. 





Pada kejadian ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa, karena bangunan dalam kondisi kosong.

"Mulai dikerjakan hari Senin besok, menggunakan Dana BTT karena kalau menggunakan APBD baru bisa dikerjakan Bulan September sehingga harus ada pendampingan Aparat Penegak Hukum (APH)," kata Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein saat meninjau jembatan, Minggu Siang (22/01/2023).

Bupati Achmad Husein memperkirakan, penanganan darurat memakan waktu kira-kira satu minggu.

"Yang temporary supaya jalan aman dilewati, perbaikkan permanen adalah mengganti jembatan total, sekalian di lebarkan baru bisa di tahun 2024," jelasnya.

Bupati menambahkan, pekerjaan temporary meliputi 3 hal yaitu pengamanan kolom dan abutment sebelah barat untuk mencegah scouring di hilir jembatan dan pengamanan abutment timur.(Cpt)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama