Kwarcab Banyumas Akan Laksanakan 152 Kegiatan Pada Tahun 2023

Kwarcab Banyumas Akan Laksanakan 152 Kegiatan Pada Tahun 2023
Rapat kerja cabang (Rakercab) tahun 2023
  .

Jawapes,Banyumas - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Banyumas menggelar kegiatan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Tahun 2023, Sabtu (10/12/2022) bertempat di Pendopo Sipanji Purwokerto yang dibuka oleh Ketua Kwartir Cabang Banyumas Agus Nur. Hadie S.Sos., M.Si dan dihadiri sekitar 130 peserta terdiri dari Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka, Unsur Majelis Pembimbing Cabang, Dewan Kerja Cabang dan utusan Kwartir Ranting dan Utusan serta Dewan Kerja Ranting se Kabupaten Banyumas.

Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Banyumas Agus Nur Hadie mengatakan, Rakercab merupakan kegiatan rutin tahunan yang menunjukan Organisasi itu berjalan sehat, tranparan dan akuntabel. 

"Forum ini membahas rencana Program Kerja yang penting dan strategis yang akan dijalankan pada tahun 2023 serta evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2022," katanya. 

Agus juga berharap agar semua program dapat terus berjalan sebagai upaya positif dalam rangka pembinaan generasi muda yang berkarakter dalam wadah Pramuka serta mempertahan Kwarcab tergiat. Selain itu, semua pengurus Kwarcab dapat mengoptimalkan potensi yang ada.

"Saya berharap Rakercab menghasilkan Program Kerja yang dihasilkan kegiatan positif dan dapat menyerap intisari dari usulan para peserta rapat berdasarkan musyawarah untuk mufakat, sehingga nantinya dalam pengaplikasiannya merupakan kerja nyata yang logis. Penyeragaman sudut pandang dalam pencapaian tugas dan fungsi Gerakan Pramuka untuk menjadi Kwarcab Banyumas melesat hebat," pintanya.



Rakercab bertujuan sebagai ajang silaturahmi, kemudian mengevaluasi program yang sudah dilaksanakan tahun 2022 serta sinkronisasi kegiatan antara Kwarran dan Kwarcab tentang program kerja tahun 2023 serta menjadwalkan kegiatan sebagai pedoman pelaksanaannya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Kwarcab Banyumas Handoko S.Pd memaparkan, bahwa rencana kegiatan tahun 2023 akan melaporkan pertanggungjawaban kegiatan tahun 2022. 

"Sedikitnya ada 28 Prestasi yang diraih Kwarcab Banyumas dalam lomba tingkat Daerah dan Kwarnas. Para peserta juga dapat mencermati penggunaan anggaran, baik yang telah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan sehingga dalam menyusun program dan penggunaan anggaran secara transparan dan bisa diwujudkan," paparnya.

Pada kesempatan ini, beberapa Kwarran mengajukan pertanyaan dan tanggapan terkait kegiatan yang sudah dilakukan dan akan dilaksanakan. Dari 7 Bidang dan Lembaga seperti Pusdiklatcab, Pusinfo, Perpustakaan dan Bidang Usaha di Kwarcab Banyumas mengusulkan 152 kegiatan. Usulan kegiatan tersebut ada yang bersifat partisipasi dan sudah melalui berbagai pertimbangan dengan tujuan untuk kegiatan yang bermanfaat untuk anak didik dan masyarakat.(Cpt)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama