Bupati Situbondo Apresiasi Kinerja RSUD Besuki, Rutin Melaksanakan Program Gebrak Bersinar

Bupati Situbondo Apresiasi Kinerja RSUD Besuki, Rutin Melaksanakan Program Gebrak Bersinar
Tim medis melakukan operasi mata katarak gratis di ruang operasi RSUD Besuki

 

Jawapes, SITUBONDO - Sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, RSUD Besuki bekerja-sama dengan Klinik Mata Tritya kembali melaksanakan kegiatan baksos operasi mata katarak gratis melalui program Gerakan Situbondo Bebas Katarak (Gebrak Bersinar) edisi ke-9.


Dalam sambutannya, Bupati Situbondo, Drs. H. Karna Suswandi, M.M., menyampaikan apresiasi kepada RSUD Besuki, karena telah memberikan pelayanan secara maksimal, yaitu dalam rangka menyelenggarakan kegiatan bakti sosial operasi mata katarak gratis program Gebrak Bersinar. Rutin dilaksanakan setiap bulan. Berikutnya, dari seluruh masyarakat Kabupaten Situbondo yang telah mengikuti operasi mata katarak sampai saat ini tidak ada keluhan. Karena itu, diharapkan masyarakat Situbondo dapat memanfaatkan kesempatan layanan yang diberikan oleh RSUD Besuki dengan sebaik-baiknya.


"Sehingga masyarakat bisa memperoleh layanan kesehatan yang terbaik dari RSUD Besuki. Jadi apabila ada keluhan katarak, segera daftarkan ke RSUD Besuki untuk bisa mendapatkan jadwal layanan operasi," ungkapnya.


Dikonfirmasi awak media ini, Sabtu (10/12/2022). Direktur RSUD Besuki, dr. Imam Hariyono menjelaskan, kegiatan operasi mata katarak gratis di edisi ke-9 ini, tecatat ada 51 orang pasien yang datang ke RSUD Besuki menjalani tahap screening. Namun hasilnya yang dinyatakan lolos screening memenuhi syarat untuk mengikuti kegiatan operasi tersebut sebanyak 46 orang. Sisanya 9 gagal screening dan ditunda pelaksanaannya sebab kondisi sakit. Sedangkan 5 pasien lainnya iuga batal operasi karena menderita diabet mellitus.


"Kami ucapkan terima-kasih kepada Bupati Situbondo, Dinas Kesehatan, lintas sektor, maestro dr. Armanto, Sp.M., maestro phaco dr. Heni Riyanto, SpM (K), PT. Opmi Perkasa atas mesin revo smartnya, rekan-rekan klinik mata tritya, programer Indera se-Kabupaten Situbondo dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan operasi mata katarak gratis di RSUD Besuki. Alhamdulillah hingga sampai saat ini program Gebrak Bersinar bisa terlaksana dengan baik dan sudah banyak pasien mata katarak yang sembuh setelah menjalani operasi di RSUD Besuki," ucapnya.


Masih Direktur RSUD Besuki menurutnya, operasi mata katarak gratis ini ditunjang dengan peralatan canggih seperti, Revo Smart Opticon, Sovereign Compact Johnson, Oertli Catarhex 3, serta memakai mikroskop OMS 90 Topcon sebanyak 4 unit, lalu Zeiss 1FR dan Zeiss 1FR pro. Selanjutnya, ditangani oleh dokter spesialis mata dari Klinik Mata Tritya Surabaya dan  di bantu dengan perawat yang ada di RSUD Besuki, Dinkes serta Puskesmas sekitarnya.


"Bagi masyarakat yang ingin mendapat layanan operasi mata katarak gratis program Gebrak Bersinar, persyaratannya cukup menunjukkan e-KTP," jelasnya. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama