Optimalkan Layanan Kesehatan Masyarakat, Puskesmas Terapkan Inovasi Pendekar Panji

Optimalkan Layanan Kesehatan Masyarakat, Puskesmas Terapkan Inovasi Pendekar Panji
Petugas medis Puskesmas melakukan pengecekan kesehatan kepada
pasiennya secara gratis melalui Inovasi Pendekar Panji

 

Jawapes, SITUBONDO - Optimalkan pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya, Puskesmas Panji adakan kembali layanan inovasi Pendekar Panji (Pendekatan Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat Panji) di Posyandu Kemuning, Desa Tenggir, Kecamatan Panji, Selasa (15/11/2022).


Robiatul Adawiyah selaku penanggung-jawab program menjelaskan, bagi masyarakat yang rumahnya jauh dari tempat fasilitas kesehatan dan ingin cek kesehatan tidak harus datang ke Puskesmas. Sebab Puskesmas Panji mempunyai program inovasi pendekar panji untuk mendekatkan pelayanan kesehatan ke masyarakat, yaitu membuka pos pemeriksaan gratis di rumah warga, balai desa dan kantor kelurahan.


Adawiyah menerangkan, dalam inovasi tersebut menyediakan pemeriksaan kesehatan umum berupa pengecekan kadar gula darah, kolesterol, asam urat, pengukuran tinggi badan, berat badan dan tersedia layanan konseling gizi. Tak hanya itu, apabila ada pasien yang membutuhkan pengobatan maka ada layanan apotik.


"Kita aktif jemput bola dan jadwalnya teragendakan dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat secara gratis melalui Inovasi Pendekar Panji. Rata-rata pasien yang datang untuk mengecek tekanan darah tinggi, kolesterol, kadar gula darah dan pengecekan kesehatan lainnya," jelasnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama