Jaga Kelestarian Alam, IKA Unair Lakukan Adopsi Terumbu Karang di Pantai Pasir Putih

Jaga Kelestarian Alam, IKA Unair Lakukan Adopsi Terumbu Karang di Pantai Pasir Putih
Sekdaprov Jatim bersama Wabup Situbondo dan panitia melakukan sesi foto bersama usai pembukaan kegiatan adopsi terumbu karang

Jawapes, SITUBONDO - Bentuk kepedulian dan rasa kecintaan pada alam agar ekosistem di laut dapat berkelanjutan, maka Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) bekerja-sama dengan POSSI Jatim dan  pihak terkait lainnya melaksanakan kegiatan gerakan adopsi 7.700 terumbu karang di Wisata Pantai Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Sabtu (12/11/2022) pagi.


Wabup Situbondo Hj. Khoirani, S.Pd., MH., dalam sambutannya mengatakan, adanya kegiatan adopsi terumbu karang ini, mudah-mudahan bisa berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Situbondo, khususnya di sekitar pantai pasir-putih. Tentunya bisa menambah PAD Kabupaten Situbondo. Para nelayan yang sedang melaut juga diharapkan dapat menjaga kelestarian terumbu karang.


"Adopsi terumbu karang bisa memperbaiki ekosistem bawah laut. Saya ucapkan terima-kasih kepada bapak Sekdaprov Jatim beserta rombongan yang telah bersedia hadir di pantai pasir-putih," tuturnya.


Sementara itu, Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono, A.Ks., M.Ap., menjelaskan, kegiatan adopsi terumbu karang sebanyak 7.700 hari ini dalam rangka memperingati Hari Jadi Pemprov Jatim ke-77 dan HUT Emas ke-50 Tahun IKA Unair. Tentunya kegiatan ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Jatim untuk menjaga kelestarian alam. Zona biota laut perlu dijaga kelestariannya supaya berkembang dengan baik dan menghasilkan ikan  yang berkualitas untuk masyarakat. 


"Hampir 60 persen pesisir pantai dan laut di Provinsi Jatim sudah mulai rusak, maka perlu adanya gerakan untuk pemeliharaan. Salah satunya dengan penanaman mangrove dan adopsi terumbu karang, saat ini IKA Unair dengan 80 penyelam telah melakukannya. Pemprov Jatim mengucapkan terima-kasih dan penghargaan yang tinggi terhadap gerakan-gerakan yang dilakukan oleh IKA Unair dan komunitas penyelam," ungkapnya.


Di tempat yang sama, Endang selaku Perwakilan Bidang Riset, Inovasi dan Community Development Universitas Airlangga menyampaikan, adopsi terumbu karang telah disiapkan oleh komunitas untuk ditanam di bawah laut. Selanjutnya berharap terumbu karang bisa tumbuh besar untuk menjaga perairan dan menjadi tempat berkembangnya ikan.


"Saya berharap adanya kegiatan ini, terumbu karang yang ada di pantai pasir-putih bisa terjaga dan terus berkembang, sehingga bisa menjadi obyek wisata dan hasil tangkap ikan nelayan meningkat," pungkasnya.


Pantauan awak media ini, acara tersebut dihadiri langsung Ketua Pengprov POSSI Jatim, Kepala Bakorwil 5 Jember, Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Timur, Kepala Biro PBJ Sekretariat Daerah Jatim, Direktur Utama PT. SIER, Forkopimda Situbondo, Civitas akademika Unair dan tamu undangan lainnya. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama