HKJS, RSAR Situbondo Adakan Penyuluhan Tentang Jenis Penyakit Gangguan Jiwa

www.Jawapes.or.id
Petugas medis RSUD Abdoer Rahem berikan penyuluhan berbagai jenis penyakit gangguan mental atau jiwa

 

Jawapes, SITUBONDO - Peringati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) Tahun 2022, PKRS Rumah Sakit dr. Abdoer Rahem (RSAR) Situbondo berikan penyuluhan tentang beberapa jenis penyakit gangguan mental, di ruang resepsionis rumah sakit setempat, Senin (10/10/2022).


Dokter spesialis kesehatan Jiwa RSAR Situbondo, dr. Dewi Prisca Sembiring, Sp. KJ mengatakan, tujuan diadakan penyuluhan karena sebagian masyarakat masih belum banyak yang mengenal macam-macam gangguan jiwa. Sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat bisa mengetahuinya. Jadi stigma gangguan mental tidak hanya identik ODGJ, tapi ada juga orang yang mengalami masalah kejiwaan.


"Terjadinya gangguan jiwa dan mental, yang pertama karena disebabkan faktor genetik. Kedua, faktor permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga adalah faktor benturan kepala karena kecelakaan, jadi kalau ada trauma kepala bisa mengakibatkan gangguan mental," jelasnya.


Lebih lanjut, dr. Dewi Prisca mengungkapkan, penyakit gangguan mental dapat diatasi dan ada obatnya. Lebih baik mengetahui secara dini tanda-tanda gejalanya supaya dapat diantisipasi. Contoh gejala awalnya adalah mengalami gangguan perubahan dari pikiran, perasaan dan perilaku. Kalau ada tiga gejala ini, kemungkinan besar pasien mengalami gangguan mental. (Fit/Fin)


Pembaca

1 Komentar

  1. Update terus beritanya, untuk edukasi kepada masyarakat

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama