Upacara HUT UUPA ke 62, Kementerian ATR/BPN Usung Tema Cepat, Kualitas dan Tangguh Wujud Transformasi Digital


Jawapes, Banyumas - Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein memimpin Upacara Hari Ulang Tahun Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) ke- 62, Senin (26/9/2022) yang digelar oleh Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Banyumas di halaman Kantor setempat. Upacara tersebut diikuti oleh Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Banyumas Agus Suppapta SH., M.Kn bersama Pejabat Struktural dan seluruh karyawan serta undangan lainnya.

Saat membacakan sambutan Menteri ATR/BPN Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto S.I.P, Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein menyampaikan, pada peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2022 ini mengusung tema "Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Cepat, Berkualitas dan Tangguh" akan mewujudkan percepatan transformasi digital dalam sistem pelayanan publik, pengaduan, perizinan, penanganan masalah dan data base yang akan menyebabkan layanan kepada masyarakat yang transparan, murah, cepat, efektif dan efisien.



"Saya mengingatkan kembali tugas yang diarahkan pada saat Rakernas sejalan dengan tugas yang diberikan oleh Bapak Presiden kepada saya, karena itu mari kita bersama-sama melaksanakan percepatan pendaftaran tanah melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan dengan Reforma Agraria serta pemberantasan mafia tanah, dukung percepatan pembangunan IKN," tuturnya.

Menurut Menteri, dengan program PTSL didapat loncatan yang sangat signifikan dalam kurun waktu 5 tahun. Capaian jumlah tanah terdaftar sebanding dengan 70 tahun sebelum program PTSL, hingga saat ini capaian pendaftaran tanah sudah mencapai 81,6 juta bidang. Menteri mengingatkan, pentingnya mengejar target PTSL namun yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kualitas produk yang dihasilkan sehingga tidak menimbulkan residu dan masalah di kemudian hari.



"Saya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada para Gubernur, Bupati/Wali Kota, Camat, Kepala Desa dan Lurah yang selama ini telah bekerja keras bersama-sama jajaran Kementerian ATR/BPN dalam mensukseskan Program Strategis Kementerian ATR/BPN. Ucapan terima kasih yang tulus juga saya sampaikan kepada jajaran Kementerian ATR/BPN di seluruh tanah air atas dedikasi dan kerja kerasnya selama ini serta semua pihak yang telah membantu pelaksanaan program dan kegiatan Kementerian ATR/BPN," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Banyumas juga menyematkan secara simbolis tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun kepada pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Banyumas. Selain itu, Bupati didampingi Kepala Kantor ATR/BPN Banyumas menyerahkan sertifikat hasil Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap tahun 2022 yang sudah selesai kepada perwakilan warga di Kabupaten Banyumas.(Cpt)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama