Tingkatkan Pembangunan SDM, Pemdes Tumpakpelem Gelar Pelatihan Peternakan Kambing


 

Jawapes, PONOROGO - Ketidak-seimbangan antara pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) sering terjadi di setiap desa.


Hal ini terjadi karena pembangunan sumber daya manusia (SDM) seringkali dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Padahal jika dipahami lebih dalam, kekayaan sumber daya alam yang ada di desa sangat potensi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dari segala aspek. Baik dari segi ketahanan ekonomi, sosial maupun ekologi.


Untuk itu, perlu adanya peningkatan SDM agar mampu melakukan program pemberdayaan masyarakat untuk menghadapi persaingan diera global. 


Dengan pemberdayaan masyarakat yang kuat, sudah pasti secara otomatis masyarakat di pedesaan mampu memperbaiki kehidupan yang lebih mandiri dan sejahtera.


Untuk mencapai hal tersebut, Pemerintah Desa Tumpakpelem, Kecamatan Sawoo didampingi biro perjalanan wisata Indah Gemilang Manunggal Tour (IGM Tour) yang beralamat di Desa Jetis, mengikuti pelatihan peternakan kambing di Gilbran Farm yang bertempat di Kabupaten Boyolali, Sabtu (03/09/2022).


Dalam sambutannya ketika membuat acara pelatihan, Kepala Desa Tumpakpelem Atik Sumiati mengatakan bahwa peningkatan SDM merupakan bagian daripada pembangunan yang perlu dilakukan untuk pengembangan kapasitas SDM dan perubahan perilaku secara kolektif bagi aparat pemerintah dan kelompok masyarakat desa.


"Pembangunan itu tidak hanya berbentuk infrastruktur saja, tetapi peningkatan kemampuan atau Sumber Daya Manusianya juga bagian dari pembangunan, yang harus imbang dengan pembangunan infrastruktur," ujar Atik Sumiati.


Kepada seluruh peserta pelatihan, Atik Sumiati berharap agar dapat mengikuti pelatihan tersebut dengan serius supaya nantinya mampu mengaplikasikan kepada kelompoknya masing-masing. Dia juga meminta kepada seluruh peserta agar nantinya mau menularkan ilmunya kepada warga Tumpakpelem lainnya yang kali ini tidak ikut dalam pelatihan.


Sementara itu, salah satu petugas dari Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Sawoo Sumarwanto yang ikut mendampingi jalannya pelatihan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Desa Tumpakpelem karena telah menggelar pelatihan untuk meningkatkan kapasitas SDM masyarakatnya.


"Kami dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Sawoo sangat mendukung langkah yang diambil pemerintah Desa Tumpakpelem untuk mengadakan pelatihan-pelatihan semacam ini," ucap Sumarwanto. (Gst)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama