Polres Situbondo Siapkan Personil Gabungan Untuk Amankan Pilkades Serentak

Personil gabungan mengikuti apel gelar pasukan pengamanan pilkades serentak 2022

 

Jawapes, SITUBONDO - Polres Situbondo menyiapkan 750 personel untuk pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2022 yang terselenggara di 17 Desa dan tersebar di 14 Kecamatan wilayah Kabupaten Situbondo. 


Hal itu seperti disampaikan oleh Kapolres Situbondo, AKBP Andi Sinjaya, SH., S.I.K., MH., usai apel gelar pasukan pengamanan Pilkades serentak di halaman Polres Situbondo, Rabu (21/9/2022).


"Kami juga sudah memetakan desa-desa yang memiliki potensi konflik di pilkades serentak yang berlangsung pada 6 Oktober 2022 nanti,” kata AKBP Andi Sinjaya, SH., S.I.K., MH.


Kapolres Situbondo mengatakan, 750 personel yang disiapkan oleh Polres nantinya disebar di 17 desa yang sedang melaksanakan pilkades serentak Tahun 2022. Pihaknya juga sudah melakukan pemetaan desa-desa rawan atau berpotensi konflik dalam pelaksanaan pilkades.


"Yang pasti kita sudah petakan desa-desa yang rawan konflik pilkades serentak 2022. Desa-desa ini tentu mendapat perhatian khusus dan pengamanannya ekstra,"tegasnya.


Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, 750 personel Polres akan didukung oleh pihak TNI dari Kodim 0823 Situbondo, Satpol PP dan Linmas untuk pengamanan dan menjaga kondusifitas pilkades serentak pada 6 Oktober 2022 mendatang.


"Kami berharap pelaksanaan pilkades serentak benar-benar aman, tertib dan sesuai harapan bersama," ujar AKBP Andi Sinjaya.


Sementara itu, Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf. Bayu Anjas Asmoro menegaskan, TNI siap mendukung Polres Situbondo dalam mengamankan dan menjaga pilkades serentak supaya berlangsung tertib, aman dan lancar.


"Semua desa yang berpotensi rawan konflik pada pilkades serentak 2022 sudah dipetakan. Kami dari TNI telah menyiapkan personel untuk mendukung Polres dalam pengamanan," kata Dandim Bayu Anjas.


Perlu diketahui, sebanyak 17 Desa di Situbondo yang menggelar Pilkades Serentak 2022 pada 6 Oktober mendatang tersebar di 14 Kecamatan. Yakni, Desa Kendit dan Tambak Ukir Kecamatan Kendit, Desa Kilensari di Kecamatan Panarukan, Desa Kotakan di Kecamatan Situbondo, Desa Sliwung dan Klampokan Kecamatan Panji dan Desa Semiring Kecamatan Mangaran.


Kemudian, Desa Curah Tatal Kecamatan Arjasa, Desa Pesangrahan Kecamatan Jangkar, Desa Wringinanom Kecamatan Asembagus, Desa Sumberejo Kecamatan Banyuputih, Desa Kalisari di Kecamatan Banyuglugur, Desa Curahsuri Kecamatan Jatibanteng, Desa Sumberejo  Kecamatan Besuki, Desa Sumberargo Kecamatan Sumbermalang dan Desa Selomukti Kecamatan Mlandingan. (*)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama