Jelang Pilkades Serentak, DPMD Situbondo Adakan Bimtek

DPMD Situbondo melaksanakan bimtek

 

Jawapes, SITUBONDO - Jelang persiapan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang diselenggarakan tahun ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo adakan bimtek pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, di lantai II Aula kantor dinas setempat, Senin (19/9/2022).


Kepada awak media usai acara, Kabid Bina Pemerintahan Desa DPMD Situbondo Sugeng Purwo Priyanto mengatakan bimtek pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pilkades Tahun 2022, yaitu sebagai amanah  dari Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa. Tujuan dilaksanakan, yang pertama adalah untuk menyampaikan jumlah TPS dan rencana kebutuhan logistik. Kedua, menyampaikan tata cara pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. Ketiga, simulasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pada Pilkades Tahun 2022.


"Sasaran peserta bimtek yaitu, kasi pemerintahan di 14 kecamatan, ketua dan sekretaris panitia pilkades beserta anggota panitia satu orang. Dalam kegiatan tersebut, kita jelaskan mengenai klarifikasi, nomor urut calon kades, jumlah TPS dan kesiapan logistik," paparnya.


Masih Sugeng Purwo Priyanto menerangkan, berkenaan dengan logistik dari DPMD yakni surat suara, kotak suara, bilik suara, lembar plano, bantalan dan alat coblos serta tinta. Ada 17 desa tersebar di 14 kecamatan wilayah Kabupaten Situbondo yang akan melaksanakan Pilkades tahun ini dan nomor urut calon kades sudah ditentukan. Untuk masa kampanye dilaksanakan mulai tanggal 21 hingga 23 September Tahun 2022 atau selama 3 hari.


"Tadi ketika bimtek berlangsung ada usulan agar logistik diantar ke desa. Tetapi kami telah mengambil satu keputusan bahwa logistik nantinya akan diantar ke kecamatan oleh panitia kabupaten. Sebelumnya kita sudah melakukan sosialisasi pilkades, monitoring persiapan, bimtek pembentukan panitia, bimtek penyusunan tata tertib pilkades dan bimtek pantarlih," jelasnya.


Lebih lanjut, Kabid Bina Pemerintahan Desa, Sugeng menerangkan dalam upaya mensukseskan pilkades serentak yang akan diselenggarakan pada Tanggal 6 Oktober 2022, DPMD Situbondo melakukan monitoring dan evaluasi (monev) kesiapan desa.


"Jadi bagi desa yang masih belum paham, kita datangi untuk berikan masukan-masukan dan sosialisasi," pungkasnya. (Fin/Shu)


Pembaca

1 Komentar

  1. Mantap , 👍 , sip pencerahannya kepada masyarakat

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama