Zulkifli Hasan Bersama khofifah Sidak Pasar Keputran Surabaya




Jawapes, Surabaya - Zulkfli Hasan Bersama Khofifah Indar Parawansa usai sidak di Pasar Keputran Surabaya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) bersama dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan sidak (inspeksi mendadak) di Pasar Keputran Sabtu (30/7/2022).

Zulhas bersama Khofifah meninjau harga berbagai bahan pangan dan bumbu dapur seperti cabe, bawang putih dan sayur-sayuran.

 Zulhas yang mengenakan rompi berwarna biru datang sekitar pukul 20.50 WIB di Pasar Keputran. Selain menanyakan harga, ia juga sempat memborong dagangan para pedagang untuk dibagikan. Selain itu, ia juga tampak berfoto-foto dengan pengunjung pasar Keputran. 


Saat kunjungan hendak selesai, Khofifah yang baru saja datang dari Jakarta menyusul Zulhas untuk berkomunikasi dengan para pedagang dan pengunjung. “Saya terkejut ternyata bawang merah di sini (Keputran) Rp 25-28 ribu. Sudah turun jauh. Untuk cabai harga rata-rata Rp 50 ribu, sudah jauh lebih murah,” ujar Zulkifli Hasan di hadapan awak media.

Zulkifli Hasan menambahkan, selain sidak di pasar Keputran, dirinya terlebih dulu mengunjungi pasar Kupang. Di sana, ia menemukan harga daging sapi per kilonya Rp110 ribu. Padahal, rata-rata harga daging sapi di pasaran kisaran Rp135 ribu.

“Saya kaget, daging sapi paling murah Rp110 Ribu, ini termurah se-Indonesia. Kalau harga pangan lainnya cenderung turun dan Alhamdulillah, masyarakat bisa merasakan sekarang,” imbuhnya.

ulkifli Hasan saat berinteraksi dengan salah satu pedagang ditanya terkait harga minyak, Zulhas mengatakan bahwa harga minyak goreng curah telah turun hingga di bawah Rp14 ribu. Namun, ia mengakui, minyak goreng curah tidak dijual di semua tempat. Terutama Minyak kita yang merupakan terobosan dari Kementerian Perdagangan beberapa waktu lalu.

“Minyak curah sudah Rp12 ribu, tempatnya tertentu dan tidak semua. Ada titik tertentu kita berjualan. Kalo minyak kita bisa dilihat di internet mana saja toko yang menjual. Saya juga ucapkan terima kasih kepada Bu Gubernur, harga cepat stabil di Jawa Timur,” tegas Zulhas.

Sementara itu, Supri (45) salah satu pedagang di Pasar Keputran juga mengamini ucapan Zulkifli Hasan. Ia mengatakan bahwa harga-harga kebutuhan pangan sudah mulai turun pasca Hari Raya Iduldha. Ia membandingkan harga cabai bulan kemarin bisa menyentuh harga Rp70 ribu per kilogram. “Terima kasih pak menteri, harganya sudah turun memang. Jadi kami bisa lebih mudah berdagang,” ujar Supri. 
(Hari jp)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama