IGM Tour Dampingi Masyarakat Desa Ngendut Ikuti Pelatihan Ternak Kambing

Masyarakat Desa Ngendut mengikuti pelatihan peternakan kambing 

 

Jawapes, PONOROGO - Pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM, di desa sering kali dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Padahal jika dipahami lebih dalam, kekayaan sumber alam yang ada di desa bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dari segala aspek, baik dari segi ketahanan ekonomi, sosial maupun ekologi. 


Untuk mencapai tujuan tersebut perlu adanya peningkatan SDM yang mampu melakukan program pemberdayaan masyarakat dan nantinya bisa bersaing diera global.


Tidak dapat dipungkiri, dengan pendapatan masyarakat yang cukup, secara otomatis warga masyarakat yang tinggal di pedesaan dapat memperbaiki kehidupan lebih mandiri dan sejahtera.


Untuk mencapai hal tersebut, Pemerintah Desa Ngendut, Kecamatan Balong didampingi biro perjalanan wisata (BPW) Indah Gemilang Manunggal Tour (IGM Tour) beralamat di Desa Jetis, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo mengadakan pelatihan peternakan kambing dengan mendatangi ke Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Lembah Gogoniti di Blitar, Minggu (26/6/2022).




Dalam sambutannya, Kepala Desa Ngendut, Wadiyem mengatakan, mengawali pelatihan pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu kegiatan penanggulangan kemiskinan melalui pengembangan kapasitas SDM dan perubahan perilaku secara kolektif untuk aparat pemerintah dan kelompok masyarakat di Desa Ngendut.


"Kepada semua peserta pelatihan peternakan kambing, saya selaku kepala desa berharap agar betul-betul mencermati seluruh materi yang diberikan oleh narasumber dan bisa mengaplikasikan dalam usaha peternakannya dirumah masing-masing. Sehingga pembekalan materi yang diberikan tidak sia-sia dan bisa memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan keberdayaan dan kesejahteraan masyarakat Desa Ngendut,"ucapnya. (Gst)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama