Puluhan Kades Ikuti Rapat Koordinasi Persiapan MAD Perubahan Badan Hukum

Komisaris PT. LKS berikan sambutan dan pimpin acara rapat koordinasi persiapan RUPS dan MAD


Jawapes, SITUBONDO - Puluhan kepala desa wilayah tengah Kabupaten Situbondo ikuti rakor persiapan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Musyawarah Antar Desa (MAD). Membahas tentang perubahan badan hukum PT. LKS menjadi BUMDesma LKS, bertempat di Aula wisata KK 26, Desa Olean, Kecamatan Situbondo, Kamis (10/3/2022).


Komisaris Utama PT. LKS, Samsuri Abbas yang juga menjabat sebagai Kades Curah Cottok mengatakan rakor hari ini terkait rencana transisi ubahan dari PT menjadi BUMDes murni, sehingga perlu membahas persoalan persiapan MAD. Adapun persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi seperti mendaftarkan nama terlebih dahulu ke Kementerian Desa sebelum dilaksanakan MAD, dan saat ini sudah keluar berubah nama menjadi BUMDesma LKS. Selanjutnya mempersiapkan strukturnya karena sebelumnya hanya diisi komisaris dan direksi, kalau sekarang strukturnya ditambah jadi 3 komponen yaitu ada penasihat, pengawas dan operasional.


"Nanti PT akan difungsikan menjadi unit baru, jadi BUMDesma LKS yang akan menjadi induknya membawahi unit-unit usaha. Lalu untuk struktur pengurus dan anggota otomatis bisa ganti atau digeser tergantung kesepakatan MAD. Alasan perubahan dari PT menjadi BUMDesma LKS karena menyesuaikan peraturan yang baru PP Nomor 11 Tahun 2021," jelas Samsuri.


Berdasarkan pantauan awak media, kegiatan rakor persiapan RUPS dan MAD dibagi menjadi tiga sesi, yaitu diwilayah barat, tengah dan timur. (Fit/Saihu)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama