Peringati Hari Bakti Ke- 76, Kepala DPU Sebut Bupati Layak Sebagai Bapaknya Infrastruktur Banyumas


Jawapes Banyumas - Jajaran Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas memperingati Hari Bakti ke-76 dengan mengusung tema "Tahun Bakti PUPR Membangun Negeri" yang digelar di Aula Kantor Dinas Pekerjaan Umum, Jumat (3/12/2021). Momentum tersebut merupakan pengingat bagi jajaran Dinas Pekerjaan Umum agar terus bekerja sama dalam menyelesaikan pembangunan infrastruktur yang ada di Kabupaten Banyumas.

Penandatanganan Pakta Integritas Kepala Dinas PU dan Bupati Banyumas.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum DPU Kabupaten Banyumas Dr Ir. Irawadi CES mengatakan, pada tahun 2021 Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas menerima anggaran Rp.312 Milyar yang terbagi dalam 16 program dan 17 kegiatan, namun dalam perjalanannya memang ada refocusing sekitar Rp.4,24 Milyar tidak sampai 1%.

"Pembangunan terbesar ada pada proyek PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional), hampir Rp.140 Milyar dan sisanya untuk peningkatan jalan yang juga prioritas, pemeliharaan jalan, peningkatan pemeliharaan Sumber Daya Air Irigasi serta pemeliharaan gedung Pemerintah Daerah," katanya.


Pada tahun 2022 pihaknya juga mendapatkan kepercaayaan dari Bupati Banyumas untuk melaksanakan infrastruktur dibidang pembangunan jalan sekitar Rp.107 Milyar untuk 26 ruas jalan dan jembatan, pemeliharaan jalan Rp.12,24 Milyar, SDA irigasi Rp.17 Milyar, drainase Rp.1,5 Milyar dan penataan bangunan Rp.49,75 Milyar.

Jika dibandingkan antara tahun 2021 dengan 2022 tidak terjadi penurunan, padahal kondisi sekarang masih pandemi. Optimis di tahun depan bisa menangani covid 19 sehingga infrtastruktur tidak terganggu, imbuh Irawadi.

"Bapak Bupati tetap memprioritaskan infrastruktur, terutama yang langsung kepada masyarakat. Jadi layak pada saat Hari Bakti PU ini, kita sebut sebagai Bapaknya infrastruktur Banyumas," ungkapnya saat memberikan laporan di hadapan Bupati Banyumas.

Sementara itu, Bupati Banyumas Ir. Ahmad Husein sangat mengapresiasi atas kinerja Dinas PU yang telah melaksanakan perencanaan, mengaplikasikannya, mengawasi sesuai dengan aturan yang ada sehingga tidak ada permasalahan hukum dalam proyek-proyek pembangunan di Kabupaten Banyumas. 

Bupati juga mengingatkan poin-poin penting yang perlu diperhatikan terkait dengan perencanaan pembangunan infrastruktur.

"Perencanaan harus berpandangan luas ke depan, bagaimana dampak serta akibatnya, jangan sepotong-sepotong. Selain itu juga, pentingnya koordinasi antara Pusat, Daerah serta dengan lingkungan sekitar infrastruktur yang akan dibangun. Kemudian kuasai lingkungan, cek lapangan, amati bagaimana keadaanya apakah cocok dan harus direncanakan secara matang," ungkap Achmad Husein.

Dalam acara tersebut, juga ditandatangi pakta integritas para pejabat dilingkungan DPU, termasuk Kepala Dinas Pekerjaan Umum dengan Bupati Banyumas.

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada Staf Tergiat DPU dan pemberian materi Capacity Building yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Ir. Wahyu Budi Saptono M.Si.(Cpt)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama