Dinsos Situbondo Berikan Pembekalan Keterampilan Kerja Kepada Warga Binaan


 

Jawapes, SITUBONDO - Dinas Sosial akhirnya melaksanakan penutupan acara sosialisasi dan bimbingan mental, fisik, spiritual sosial serta pelatihan keterampilan kerja kepada warga binaan Rutan Klas IIB Situbondo Kanwil Kemenkumham Jatim, Rabu (24/11/2021).


Kepala Dinas Sosial Situbondo, Samsuri, S.Sos., MM., menyampaikan bahwa pihaknya telah menjalin kerja-sama yang baik dengan Rutan Klas IIB Situbondo untuk mengadakan bimbingan pelatihan keterampilan kerja mebel kepada warga binaan. Harapannya setelah bebas dari rutan, mereka mempunyai bekal keterampilan pekerjaan sehingga mampu mendapatkan penghasilan ekonomi. Adapun materi pelatihan kerja yang diberikan yaitu pembuatan meja komputer dan kedepannya bisa terus dikembangkan oleh warga binaan, yakni dengan kreasi dan inovasi yang mereka miliki pasti mampu memproduksi berbagai macam jenis meja yang berkualitas.


"Semoga materi keterampilan yang diberikan instruktur bisa bermanfaat bagi peserta warga binaan. Sehingga apabila mereka sudah keluar dari Rutan dan dinyatakan bebas bisa berusaha untuk pemenuhan sosial ekonomi dengan keterampilan yang dimilikinya," jelasnya.


Sementara itu, Kepala Rutan Klas IIB Situbondo, Tomi Elyus memberikan apresiasi kepada Dinsos yang telah mengadakan bimbingan pelatihan kerja kepada warga binaan. Perlu diketahui, rutan tidak dibekali anggaran oleh negara untuk melaksanakan kegiatan kerja, sehingga pihaknya tetap berusaha menjalin kerja-sama dengan Dinsos, BLK dan unsur pemerintah daerah lainnya. Diharapkan warga binaan bisa mendapatkan ilmu dan keahlian, kemudian mampu menghargai waktu selama mengikuti bimbingan pelatihan kerja di rutan.


"Peserta yang mengikuti pelatihan kerja adalah murni warga binaan yang sedang menjalani pidana. Tak hanya itu, Kepala Dinsos berjanji kegiatan ini bukan yang terakhir tetapi akan ada lanjutannya. Nanti program selanjutnya, rutan juga akan bekerja-sama dengan OPD lainnya," ungkapnya. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama