Pilkades di Banjarnegara Lancar, Hasil Rekapitulasi Sementara



demokrasi tingkat lokal pada sejumlah desa di 6 Kabupaten


Jawapes~Banjarnegara - (Rabu, 27 Oktober, 2021) menjadi penanda dimulainya babak baru demokrasi tingkat lokal pada sejumlah desa di 6 Kabupaten yakni : Kabupaten Kabupaten Banjarnegara, Sumedang, Indragiri Hulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Hulu Sungai Utara, dan Kabupaten Bantaeng. Keenam Kabupaten tersebut melaksanakan pilkades serentak. Adapun Kabupaten Bantaeng sudah menggunakan metode Electronic Voting (E-Voting).
Sebagai catatan, pilkades di ). Kabupaten Banjarnegara dilaksanakan pada 14 desa di 11 kecamatan dengan jumlah DPT 36.381 orang yang tersebar di 90 TPS dan diikuti oleh 43 calon kepala desa (38 laki-laki dan 5 perempuan).


pilkades serentak


"Untuk Kabupaten Sumedang dilaksanakan pada 89 desa di 26 kecamatan dengan jumlah DPT sebesar 267.886 orang yang tersebar di 690 TPS dan diikuti oleh 340 calon kepala desa (308 laki-laki dan 32 perempuan. Kabupaten Indragiri Hulu dilaksanakan pada 64 desa di 14 kecamatan dengan jumlah DPT 89.723 orang yang tersebar di 229 TPS dan diikuti 215 calon kepala desa (199 laki-laki dan 16 perempuan).
Selanjutnya, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dilaksanakan pada 73 desa di 17 kecamatan dengan jumlah DPT 66.334 orang yang tersebar di 171 TPS dan diikuti oleh 243 calon kepala desa (227 laki-laki dan 16 perempuan). Kabupaten Hulu Sungai Utara dilaksanakan pada 73 desa di 10 kecamatan dengan jumlah DPT 50.244 orang yang tersebar di 139 TPS dan diikuti oleh 229 calon kepala desa (214 laki-laki dan 15 perempuan), dan Kabupaten Bantaeng dilaksanakan pada 9 desa di 5 kecamatan dengan jumlah DPT 17.242 orang yang tersebar di 43 TPS dan diikuti oleh 30 calon kepala desa (28 laki-laki dan 2 perempuan).
Kepala Dispermades PPKB Kabupaten Banjarnegara, Hendro Cahyono, SE, M.Si, di ruang kerjanya, Kamis (28/10/2021). selaku leading sektor pelaksanaan pilkades mengatakan, pelaksanaan Pilkades secara umum berjalan dengan aman dan lancar.

“alhamdulillah Pilkades serentak di 14 desa berjalan lancar. Tidak ada gejolak yang berarti. Prokes juga tertib, secara keseluruhan aman dan damai,” kata Hendro.

Untuk rekapitulasi sementara Pilkades pilkades tahap I tahun 2021, adalah sebagai berikut : Desa Kutayasa (Calon Kades Terpilih :

Desa Kutayasa Blambangan (Kecamatan Bawang), Calon Kades Terpilih : LISMADI
Desa Blambangan (Kecamatan Bawang), Calon Kades Terpilih : SUKISNO
Desa Bandingan (Kecamatan Sigaluh), Calon Kades Terpilih : SLAMET FIANTO
Desa Sered (Kecamatan Madukara), Calon Kades Terpilih : YUANITA DYAH RATNAWATI, S.Pd
Kecepit (Kecamatan Punggelan), Calon Kades Terpilih : SUHARNO
Desa Kecitran (Kecamatan Purwareja Klampok), Calon Kades Terpilih : Gawat Setiono
Desa Simbang (Mandiraja), Calon Kades Terpilih : SATIM
Desa Berta (Kecamatan Susukan), Calon Kades Terpilih : Slamet Riyadi, S.Pd. SD),
Desa Tempuran (Kecamatan Wanayasa), Calon Kades Terpilih : SURATNO
Desa Pingit lor (Kecamatan Pandanarum), Calon Kades Terpilih : SUWITO
Desa Karangsari (Kecamatan Pejawaran), Calon Kades Terpilih : ANDI WIRAWAN
Desa Ratamba (Kecamatan Pejawaran), Calon Kades Terpilih : JUNIAWAN, A.Ma.Pd.Or
Desa Karangtengah (Kecamatan Batur), Calon Kades Terpilih : MUKHODIN
dan Pasurenan (Kecamatan Batur), Calon Kades Terpilih : TOTO EKO PRIYANTO

"Hendro juga menjelaskan, Sebelumnya Kementerian dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa juga melakukan pantauan secara daring dan webinar. Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa menyambut baik langkah-langkah strategis Pemerintah Kabupaten, Banjarnegara, Sumedang, Indragiri Hulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Hulu Sungai Utara, dan Bantaeng dalam menciptakan kondisi pilkades serentak yang aman, tertib, dan bebas covid-19.

“Kemendagri berharap ke depannya akan semakin banyak daerah yang menggunakan metode e-voting dalam pelaksanaan pilkades serentak sebab metode tersebut memiliki banyak kelebihan diantaranya lebih efisien dari segi waktu dan SDM yang digunakan, aman, meminimalisir penggunaan kertas suara, dan meminimalisir kecurangan,” pungkasnya.

(One/4rd1_tim)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama