Peringati Hari Rabies Sedunia 2021, DPKH Situbondo Adakan Penyuntikan Vaksinasi Rabies Massal

Tim vaksinator DPKH dan Puskeswan saat melakukan penyuntikan vaksinasi rabies kepada hewan peliharaan 

 

Jawapes, SITUBONDO - Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia Tahun 2021, Dinas Peternakan Kesehatan Hewan Situbondo melaksanakan vaksinasi rabies massal kepada hewan peliharaan di kantor DPKH Situbondo, Selasa (28/9/2021).


Kabid Keswan dan Mavet DPKH Situbondo, Ir. Sulistiyani, M.Si., mengatakan pelaksanaan vaksinasi massal rabies ada diempat titik yang tersebar di Kabupaten Situbondo dengan melibatkan tim vaksinator sebanyak 40 orang. Sementara untuk ketersediaan vaksinasinya ada 270 dosis yang siap disuntikkan kepada hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kera dan musang. Alasan pemberian vaksinasi rabies agar hewan tetap sehat dan terhindar dari virus rabies. Perlu diketahui, virus rabies atau penyakit anjing gila sangat berbahaya karena penularannya melalui gigitan hewan, jadi bisa menyerang kepada sesama hewan dan manusia sehingga berakibat fatal, yaitu penderita bisa gila dan bahkan menyebabkan kematian apabila tidak segera ditangani.


"Alhamdulillah tadi saat penyuntikan vaksinasi tidak ada hewan yang mengalami gejala rabies, karena pemiliknya rutin memeriksakan kesehatan hewan peliharaannya ke dokter hewan," ungkapnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama