Gandeng SUPM, Lapas Kota Agung Gelar Pelatihan Tata Boga Bagi Warga Binaan

Lapas kota Agung bersama SUPM gelar pelatihan tata boga bagi WBP (28/9)


Jawapes Tanggamus - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kota Agung bekerja sama dengan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Kota Agung menggelar pelatihan kemandirian tata boga pengolahan bahan baku ikan menjadi nugget dan bakso bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), bertempat di Aula Lapas, Selasa (28/09/2021).


Pembukaan pelatihan tetap menerapkan Protokol Kesehatan. Kegiatan dibuka langsung oleh Kalapas Kotaagung, Beni Nurrahman, A.Md.IP., S.H., M.H dan dihadiri langsung oleh Kepala SUPM Khaerudin HS, S.Pi., M.Pi beserta wakilnya Kurman, S.Ag.,M.Pd dan beberapa orang jajarannya.


Bertindak sebagai pemateri perwakilan dari SUPM Negeri Kota Agung, Bagus Hadiwinata MS, S.St.Pi., M.Tr.Pi dan Adham Prayudi, S.St.Pi., M.Tr.Pi kemudian kegiatan dilanjutkan dengan praktik langsung di Dapur Lapas.


Aryo Pratama Kepala Seksi Binadik dan Kegiatan Kerja Lapas Kota Agung dalam laporannya menyampaikan, bahwa pelatihan ini diikuti oleh 20 orang Warga Binaan.


Lanjut Aryo, maksud dan tujuan kegiatan membantu Warga Binaan mengembangkan dirinya dan mempersiap diri untuk kembali ke Masyarakat.


"Setelah keluar dari Lapas, tidak lagi melakukan tindak pidana, menjadi manusia yang berguna, berperan aktif dan kreatif," jelas Aryo.





Kalapas Beni menerangkan, Pembinaan tata boga pembuatan bakso dan nuget dari bahan ikan kami pilih karena kami ingin memanfaatkan bahan baku yang ada setelah sebelumnya kami juga bekerjasama dengan SUPM Negeri Kota Agung dalam membina Warga Binaan untuk budidaya ikan air tawar.


Tambah Beni, pelatihan tata boga yang kami laksanakan ini adalah sebagai bentuk upaya keberhasilan pembinaan pemasyarakatan Lapas Kotaagung yang melibatkan tiga pilar penting yang saling berhubungan untuk menyukseskan tujuan pemasyarakatan, yaitu petugas, pemateri dan WBP itu sendiri. Untuk kesemuanya saya ucapkan banyak terimakasih.


"Semoga Warga Binaan yang kita latih, setelah bebas punya kemampuan dan dia bisa berusaha diluar sana untuk meneruskan ilmu yang dia dapat disini," harap Beni.


Sementara, Kepala SUPM Kota Agung Khaerudin menyampaikan, ini ada kesempatan menimba ilmu buat Bapak/Ibu, silahkan bertanya sebanyak-banyaknya kepada Tim kami. Kami akan bantu.


Khaerudin menambahkan, Kami berniat kesini berbagi ilmu dengan harapan Bapak/Ibu keluar dari Lapas ini menjadi pengusaha-pengusaha yang mandiri. 


"Saya berharap semoga Bapak/Ibu bisa menjadi sukses, membuat usaha baik kecil-kecilan dirumah atau sebagai produsen dari produk yang di inginkan."


Saya ucapkan terimakasih kepada Pak Kalapas yang sudah mempercayai kami untuk berbagi ilmu. "Kami sudah lama berkolaborasi dengan Lapas Kota Agung. Pada prinsipnya kami akan selalu Support terutama untuk pembinaan warga Binaaan sehingga diharapkan mereka bisa mandiri," pungkas Khaerudin. (Ady)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama