Pemdes Tatung-Purworejo Kerjakan Program PISEW Anggaran 2021

Warga saat melakukan pembangunan pavingisasi program Pisew tahun anggaran 2021


Jawapes PONOROGO,- Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Masyarakat Wilayah (PISEW) merupakan program yang disampaikan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya, untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemerintah daerah serta memperkuat kelembagaan masyarakat ditingkat desa.


Pemerintah Desa Tatung dan Desa Purworejo, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, pada tahun anggaran 2021 ini  merupakan salah satu penerima program PISEW, yang penggunaannya dialokasikan untuk pembangunan pavingisasi jalan diarea persawahan diantara dua desa tersebut. 


Disampaikan oleh Kepala Desa Tatung,Rudi Sugiharto kepada awak media saat dikonfirmasi dikantornya, Senin, (20/09/2021) bahwa dengan anggaran yang sumbernya dari APBN dan alokasi dana sebesar Rp 600 juta, diwujudkan untuk pembangunan pavingisasi jalan persawahan sepanjang 1300 meter, lebar 3 meter. Harapanya  bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dibidang pertanian. Disamping itu juga sebagai akses jalan menuju lokasi  wisata paralayang, yang berada di Desa Tatung. Lokasi pembangunan pavingisasi terbut meliputi Dukuh Tatung tengah, Dukuh Tatung lor, dan Dukuh Patihan masuk Desa Purworejo.


"Pengerjaan kegiatan pembangunan pavingisasi jalan tersebut dikerjakan secara swakelola, yang pekerjanya mengambil dari kedua desa, antara warga Desa Tatung dan warga Desa Purworejo," jelas Kades Tatung.


Sementara Ketika ditemui awak media dikediamannya Kepala Desa Purworejo Didik Subagio, pada hari yang sama, menyampaikan bahwa, dengan program PISEW yang saat ini dikerjakan bersama pemerintah Desa Tatung, sangat sesuai dengan harapan masyarakat, karena dengan pembangunan pavingisasi jalan tersebut transportasi angkutan masyarakat semakin mudah. Bahkan kendaraan roda empat juga bisa masuk, sehingga masyarakat tidak susah-susah untuk membawa pulang hasil panennya.


"Adanya program PISEW yang dikerjakan secara swakelola, dengan sistem Padat Karya Tunai (PKT), ini sangat membantu masyarakat terutama disaat pandemi seperti sekarang," ungkapnya.


Juga disampaikan oleh Kardi, salah satu pekerja dalam pembangunan tersebut, saat ditemui di lokasi, dirinya bersama warga masyarakat merasa bersyukur, karena selain nantinya bisa menikmati manfaatnya, disisi lain bisa mendapatkan hasil, sebagai upah kerja. (Gst)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama